24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tim Ahli Cagar Budaya Kota Metro Ikuti Sertifikasi Profesi Ahli

Newslampungterkini.com – Rombongan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Metro ikuti Sertifikasi Profesi Ahli Cagar Budaya yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P2 Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Orchardz Hotel, Jakarta Pusat, 16 sampai 19 Maret 2021.

Dalam sertifikasi tersebut, lima orang peserta sertifikasi Ahli Cagar Budaya yang dikirim oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro sedikitnya akan melalui berbagai tahapan seleksi, seperti pengisian berkas, validasi berkas, seleksi pengetahuan tentang Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya, Pengertian dan Kriteria Cagar Budaya, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Metro Seprita menjelaskan lima orang peserta yang dikirimkan adalah Ika Pusparini Anindita dari Bagian Hukum Kota Metro, Kian Amboro sejarawan yang juga dosen UM Metro, Ahmad Muzakki Dosen IAIN Metro serta dirinya dan Herie S Widarto Kasie Cagar Budaya dan Museum.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Seprita menjelaskan sertifikasi tim ahli sendiri merupakan amanat UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya terkait keberadaan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

“Alhamdulillah,setelah mengikuti proses sertifikasi ini diharapkan formasi TACB Kota Metro adalah yang pertama kali terbentuk di tingkat Kabupaten/Kota di Lampung,” jelasnya.

Selain Kota Metro sertifikasi juga diikuti oleh Propinsi Lampung, Propinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Nias, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Lahat.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sementara itu Herie S Widarto menambahkan bahwa proses sertifikasi ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong visi Kota Metro yang salah satunya adalah Kota Pendidikan yang Berbudaya.

“Selain mengikuti sertifikasi kami juga tengah melakukan pendataan objek yang diduga cagar budaya di Kota Metro,” pungkasnya.

(red)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.