24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Terdapat 1090 Data Pemilih Ganda, Bawaslu Minta KPU Memperbaiki

Newslampungterkini.com – Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 Kota Bandar Lampung terdapat 1090 data pemilih ganda yang awalnya terdapat 1072 data pemilih ganda lalu ditambah 18 data pemilih ganda.

Bawaslu meminta untuk segera diperbaiki, karena menjadi temuan Bawaslu sehingga  meminta untuk di periksa data pemilih ganda.

Baca Juga :  Kampanye di Wayhalim, Reihana Singgung Soal Beras Bantuan

“Kami minta di krosscek apakah ini masih ada atau tidak dan ditambah dengan 18 data pemilih ganda, karna ada bukti yang bersangkutan seperti sudah ada yang meninggal dan ada juga status TNI polri, sehingga meminta kepada KPU untuk menghapus data tersebut,” ujar ketua Bawaslu Chandrawansyah di Hotel Emersia. Senin, 12 Oktober 2020.

Baca Juga :  Wiyadi Doakan Reihana-Yodhi Menang Pilkada Bandar Lampung

Ia menambahkan, agar KPU Kota Bandar Lampung segera memperbaiki sehingga dapat terkonfirmasi dan diselesaikan temuan Bawaslu agar segera ditetapkan hasil DPTnya.

Komisioner KPU Ika Kartika sendiri mengatakan bahwa sudah dilakukan  penghapusan data ganda pasca pleno penetapan DPSAP ditingkat PPS, dan tidak ada laporan maupun masukan dari Panwascam.

“Hari ini ternyata Bawaslu memberikan rekomendasi, maka kita skors sehingga rekomendasi yang diberikan Bawaslu langsung kita lihat dan tindak lanjuti, karna memang KPU wajib menindaklanjuti jika memang ada temuan dari Bawaslu itu by name by adress,” ujar Ika.

Baca Juga :  Saleh Asnawi-Agus Suranto Soroti Buruknya Koordinasi Pemerintah Daerah Tanggamus dengan Pengelola BUMD

Terkait rekomendasi yang diberikan Bawaslu seperti data ganda, KPU menjelaskan bahwa akan mentracking ulang karena terkait pengecekan DPSHP.

(Rangga)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.