24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Satu Lagi Pasien Sembuh, Way Kanan Dinyatakan Zero Positif Covid-19

Newslampung terkini.com – Satu orang di Kabupaten Way Kanan berinisial MZ (20) yang merupakan warga Kecamatan Rebang Tangkas, Kabupaten Way Kanan dinyatakan sembuh dari Covid-19. MZ merupakan santri dari Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan, Anang R, adanya santri yang terkonfirmasi Covid-19 yang berasal dari Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur ini, maka sebagai bentuk kewaspadaan semua santri yang berasal dari Temboro dilakukan pemeriksaan dengan RDT sebanyak 2 kali pemeriksaan.

Disampaikan Anang, pada Tanggal 28 April 2020, MZ dilakukan pemeriksaan Rapid Test pertama oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan dengan hasil non reaktif.

Tanggal 05 Mei 2020, MZ dilakukan pemeriksaan Rapid Test kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan dengan hasil reaktif.

Kemudian, tanggal 6 dan 7 Mei 2020, MZ diambil sampel swab/sputum yang pertama dan kedua,  oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel kembali disampaikan dengan MZ untuk  isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

Selanjutnya, pada tanggal 18 dan 19 Mei 2020, kembali dilakukan pengambilan sampel swab/sputum ke 3 dan 4 selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung.

Tanggal 21 Mei 2020,  hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum MZ pertama dan kedua yang dikirim  ke BBLK Palembang  dengan hasil konfirmasi positif covid 19.

“Berdasarkan SOP penanganan konfirmasi covid-19 tanpa gejala diisolasi di rumah, namun untuk mengurangi kontak dengan orang/warga dan supaya lebih terpantau kesehatannya, maka MZ diantar ke ruang isolasi RS ZAPA Way Kanan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan ini.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dijelaskan Anang, kesehatan MZ  selama menjalankan isolasi di RS ZAPA Way Kanan terpantau selalu dalam kondisi sehat tidak ada keluhan. Tatalaksana selanjutnya MZ akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan PCR swab dan sputum, di Laboratorium pemeriksa yang mampu melakukan pemeriksaan RT PCR.

Pada tanggal 22 Mei 2020, hari Jum’at mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hasil pemeriksaan sampel Swab/Sputum MZ ke 3 dan ke 4 yang dikirim ke BLK Provinsi Lampung dengan hasil Positif Covid-19.

Tanggal 26 dan 27-05-2020, MZ dilakukan pengambilan sampel  Swab orofaring dan Nasofaring ke 5 dan ke 6 dan mendapatkan hasil swab positif (+) covid-19.

Tanggal 04 dan 05-06-2020, MZ dilakukan pengambilan sampel  Swab orofaring dan Nasofaring ke 7 dan ke 8 dan mendapatkan hasil swab positif (+) covid-19.Tanggal 11 & 12-06-2020, MZ dilakukan pengambilan sampel  Swab orofaring dan Nasofaring ke 9 dan ke 10 dan mendapatkan hasil swab positif (+) dan negatif (-) covid-19.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Tanggal 18 dan 19 -06-2020, MZ dilakukan pengambilan sampel  Swab orofaring dan Nasofaring ke 11 dan ke 12 dan mendapatkan hasil swab positif (+) covid-19.

Tanggal 22 dan 23 – 06-2020, MZ dilakukan pengambilan sampel  Swab orofaring dan Nasofaring ke 13 dan ke 14.

Dan pada tanggal 24 Juni 2020, hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pemeriksanaan sampel swab/sputum MZ ke 13 dan ke 14 yang dikirim ke BLK Propinsi Lampung dengan hasil negatif covid-19, dan rekomendasi dari Dokter Penanggung Jawab Pasien dari Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam kondisi MZ terpantu sehat dan tidak ada keluhan dinyatakan sembuh dan bisa pulang.

“Tatalaksana selanjutnya adalah tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan PHBS, memakai masker dan physical distancing, kita semua berdoa semoga selalu sehat dan dalam lindungan Nya, “ pungkas Anang R.

(Tirta)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.