26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pasca Banjir Bandang Tanggamus Bantuan Mulai Berdatangan

Newslampungterkini.com, Tanggamus – Pasca banjir bandang yang menimpa sejumlah wilayah di Kabupaten Tanggamus Pemerintah setempat mulai menginventarisir sejumlah kerusakan yang di timbulkan. (11/1/2020)

Saat ini di ketahui terdapat lebih dari 300 hektar lahan persawahan rusak berat, beberapa hektar perkebunan rata dengan tanah.

Pemulihan akses jalur lintas barat sumatera masih terus dilakukan. Bantuan untuk para korban banjir bandang di Pekon Sedayu dan Way Kerap, Kabupaten Tanggamus, Lampung mulai  berdatangan.

Hingga pagi ini, pemulihan akses jalur lintas barat sumatera masih terus dilakukan. Beberapa alat berat telah diturunkan sejak kemarin untuk membersihkan material-material berupa lumpur dan bebatuan yang menutupi badan jalan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Antrian kendaraan pun masih terjadi sehingga pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang melintasi Jalur Lintas Barat Sumatera.

Selain itu, dampak banjir bandang yang melanda Pekon Sedayu dan Way Kerap ini merendam 300 hektare sawah dan puluhan rumah warga. Sejauh ini belum ditemukan adanya korban jiwa.

Menurut Sekda Tanggamus, Hamid H Lubis, bahwa saat ini proses evakuasi para korban banjir masih terus dilakukan.

Polda Lampung sendiri telah menyiagakan sekitar 30 personil Brimob untuk membantu pemulihan jalan.

Bantuan bagi korban banjir pun mulai berdatangan seperti dari Pemerintah Daerah serta beberapa instansi terkait, maupun donatur lainya seperti Pertamina wilayah Sumbagsel yang langsung menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, gas elpiji dan lain lain.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Menurut Aguslina Handayani penanggung jawab Csr Pertamina wilayah Sumbagsel pihaknya pada awal kejadian langsung menerjunkan tim untuk memberikan bantuan yang diperlukan oleh para korban yang di koordinasikan melalui pemerintah setempat.

Pihaknya akan mendistibusikan bantuan bantuan tersebut dengan 2 tahap dengan tanggap darurat selama tiga hari hingga hari ini.

Sementara itu Sekda Tanggamus Hamid H Lubis menerangkan, bahwa bantuan bagi para korban banjir masih di perlukan terutama nantinya adalah bibit pertanian sawah. dimana setidaknya ada 300 hektar sawah petani yang baru di tanam hancur di terjang banjir bandang.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Sebanyak 483 rumah rusak ringan, 187 rumah rusak sedang dan 18 rumah rusak berat. Dalam peristiwa ini tidak menelan korban jiwa,” jelasnya.

Dilanjutkannya, saat ini para petugas dari BPBD Pemkab Tanggamus, Basarnas, Kepolisian dan TNI maupun pihak swasta tengah melakukan pembersihan akses jalur menuju sejumlah pekon yang tertimpa bencana.

Sedangkan jalur transportasi di jalur lintas barat sumatera telah selesai dan dapat dilalui yang sebelumnya diterjunkan sebanyak 15 eskavator atau alat berat untuk membersihkan material longsor. (Bbg/Ag)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.