25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Edwar Antony: Pariwisata Dapat Tingkatkan Pendapatan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat

Newslampungterkini.com, Way Kanan – Wakil Bupati Way Kanan Edwar Antony membuka kegiatan pelatihan pemandu wisata kabupaten Way kanan bertempat di Kampung Bonglai, Kecamatan Banjit. (5/12/2019).

Dikatakan Edwar, bahwa pembangunan sektor pariwisata di era otonomi daerah, idealnya mampu meningkatkan pendapatan daerah sekaligus kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan konsep dalam upaya pengembangan kepariwisataan daerah, maka diperlukan upaya riil dari tiga pilar pembangunan.

“Pemerintah Daerah melalui SKPD pengelola kepariwisataan daerah, dunia usaha, dan masyarakat termasuk peran strategis Pramuwisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Dikatakan bupati, sesuai dengan Undang-undang nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, maka kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup, serta kepentingan nasional.

“Banyak faktor yang harus diperhatikan agar perkembangan industri pariwisata berkembang secara berkesinambungan sesuai yang diharapkan,” terang Edwar Antony.

Guna mendukung pengembangan potensi wisata tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan kreativitas dan inovasi pengelolaan yang berkelanjutan, ketersediaan prasarana dan sarana pendukung serta peningkatan kualitas SDM, salah satunya pemandu wisata.

“Karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan mendukung kegiatan pelatihan ini guna meningkatkan pengetahuan dan kualitas para pemandu wisata,” tambahnya.

Dari pelatihan peserta akan mendapatkan informasi tentang pembangunan kepariwisataan Kabupaten Way Kanan, menambah pengetahuan, keterampilan dan pemahaman tentang Kepariwisataan juga meningkatkan peran serta masyarakat, menggalang sikap prilaku menjadi tuan rumah yang baik serta meningkatnya citra dan pelayanan pariwisata, yang dilandasi atas meningkatnya peran pramuwisata daerah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

(Trt)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.