27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tahun 2020 DLH Tubaba Bentuk Satgas Kebersihan di Tiap Kampung, Petugas Digaji dari Dana Desa

Newslampungterkini.com, Tulang Bawang Barat – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan bentuk Satuan Petugas (Satgas) di setiap Tiyuh (Kampung) guna pembinaan kebersihan lingkungan.

Dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah dan Limbah B3, Razid, melalui kasi penanganan sampah Jony Andri SE dan Dwi Supriyanto ST Kasi Limbah B3, bahwa pada tahun 2020 Pemkab Tubaba melalui Dinas LHD Tubaba, konsentrasi terhadap pembinaan kebersihan.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Sebagai upaya dalam penanggulangan sampah di Tubaba, maka tahun 2020 kita akan konsentrasi dengan sosialisasi dan pembinaan tentang sampah terutama plastik sekali pakai, dan akan membentuk Satgas kebersihan di setiap Tiyuh,” kata Jony kepada media Newslampungterkini.com Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, program yang akan dilaksanakan berdasarkan Perda nomor 8 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah, dan Perbup nomor 44 tahun 2019 tentang larangan penggunaan sampah sekali pakai.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Untuk itu, kami berharap terhadap masyarakat untuk bisa bekerja sama dalam penanggulangan sampah ini, karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkapnya.

Sementara itu, Dwi Supriyanto menerangkan bahwa keanggotaan Satgas tersebut, akan berasal dari masyarakat Tiyuh masing-masing yang terdapat di wilayah Tubaba, sedangkan proses penggajiannya berasal dari Dana Desa (DD).

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Jadi nanti targetnya di akhir tahun 2020 sudah bisa terlaksana, meskipun belum 100 persen. Sehingga dengan demikian, upaya dalam kebersihan lingkungan bisa merata, karena jika hanya mengandalkan Dinas saja sulit ditangani,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.