25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Way Kanan Raih Predikat Kabupaten Sehat Terbaik Se Indonesia

Newslampungterkini.com, Way Kanan – Komitmen pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan dalam membangun dan menngkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Way Kanan kembali membuahkan penghargaan.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes dan Ketua TP PKK, Hj. Dessy Afriyanti Adipati,  Bupati H . Raden Adipati Surya SH MM menerima Anugerah Swasti Saba Padapa.

Penghargaan Swasti Saba padapa yang  diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian itu berlangsung di ruang sasana Bhakti Praja Selasa (19/11/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan dari berbagai sumber Anugerah Swasti Saba  merupakan penghargaan kepada pemerintah Daerah  yang berkomitmen dalam mewujudkan Kabupaten Sehat yang juga merupakan bagian dari komitmen bersama pelaku pembangunan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kesehatan..

Kabupaten Sehat juga merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penghargaan Swasti Saba diberikan kepada daerah yang masuk nominasi adalah sebanyak 177 Bupati/Walikota dan Enam Gubernur se-Indonesia, sebagai Kepala Daerah yang telah berhasil berperan aktif dan mensinergikan Lintas Sektor maupun Lintas Program, serta mampu melakukan Pemberdayaan Masyarakat dalam menyelenggarakan dan melaksanakan  Kabupaten Maupun Kota Sehat.

Pada penyerahan Penghargaan  tersebut  Kabupaten Way Kanan menjadi Kabupaten terbaik  Se Indonesia bersama  Provinsi Sulawesi Selatan dan Kotamadya Tangerang Banten

Untuk diketahui, salah satu indikator penilaian Kabupaten Sehat yakni tercapainya  setidaknya 50 persen ODF atau bebas buang air besar sembarangan, sementara  di Kabupaten Way Kanan sudah menjadi Kabupaten yang 100 Persen Stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligus menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019 yang lalu

(Tir/Hms)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.