25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Manfaatkan Lahan Tidur, Masyarakat Desa Nampirejo Budidaya Serai Merah

Newslampungterkini.com, Lampung Timur – Budi Daya Serai Merah serta proses penyulingannya kini berhasil dilakukan oleh Masyarakat Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. (27/10/2019)

Pada awal tahun 2018 kepala Desa Nampirejo beserta warga Desa berhasil menyuling serai merah dengan berbagai inovasi hingga menjadi minyak serai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Banyaknya lahan tidur yang dimiliki oleh masyarakat Desa dan belum dimanfaatkan secara maksimal menumbuhkan ide kepala Desa untuk mengajak warganya agar bisa mengelola lahan dengan tanaman yang bisa menambah nilai ekonomi, karena mayoritas warga Desa Nampirejo sendiri adalah petani yang hanya bergantung dengan hasil padi disawah.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Rehabilitasi Stadion Pahoman

Menurut Riyanto, Kepala Desa Nampirejo, untuk pendanaan proses budidaya serta penyulingan serai merah itu sendiri saat ini masih murni swadaya dari petani, kegiatan pembinaan pun masih swadaya dan belum dianggarkan secara khusus, baik melalui APBDES maupun pihak lain.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Untuk pemasarannya pun masih Batanghari dan sekitarnya, tentunya peran dari instansi Dinas dan Lembaga Pemerintahan terkait bisa sebagai penyalur informasi serta promosi produk produk unggulan Desa,” tandasnya.

 (Bbg/Kmf)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.