27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dinas Perikanan Tubaba Salurkan Bantuan Kelompok Usaha Bersama

Newslampungterkini.com, Tulang Bawang Barat – Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, memberikan bantuan alat penangkap Ikan terhadap 15 Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan satu paket bantuan untuk Mina Padi terhadap Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sumber Urip.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perikanan Rukiza, kepada media Newslampungterkini.com Kamis (26/9/2019)

“Jadi sebagai bentuk penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas perikanan Tubaba, kita memberikan bantuan berupa alat menangkap Ikan untuk 15 KUB dari 11 Tiyuh (Desa), dan untuk bantuan KUB tersebut telah berhasil kita salurkan semuanya terakhir pada 3 September 2019 yang lalu, adapun untuk bantuan Mina Padi akan disalurkan saat musim hujan tiba,” Kata Rukiza

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Lanjutnya, adapun untuk 15 KUB tersebut yakni, KUB Hulu Balak dan Pejalo Risad dari Tiyuh Panaragan, KUB Belida Mas dan Tunas Harapan dari Tiyuh Penumangan, KUB Agung Jaya dan Manggala dari Tiyuh Menggala Mas, KUB Bawang Kuyo Jaya dan Kali Nurik dari Tiyuh Gunung Katun Tanjungan.

Selanjutnya KUB Dewa Indah Tiyuh Bandar Dewa, KUB Bawang Penyamon Tiyuh Pagar Dewa, KUB Sumber Jaya Makmur Tiyuh Karta, KUB Way Kayu Tebu Tiyuh Gedung Ratu, KUB Suber Rezeki Tiyuh Karta Sari, KUB Damai Sejahtera Tiyuh Gunung Terang, dan KUB Bawang Kelapa Tiyuh Gunung Katun Malay.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Adapun untuk bantuan Mina Padi itu kita berikan ke Pokdakan Sumber Urip dari Tiyuh Daya Asri yang diketuai oleh Gono Santoso, bentuk bantuannya itu sepaket, diantaranya benih Ikan Mas dan Ikan Nila masing-masing berjumlah 2000 benih,” Jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, bantuan Mina Padi itu akan disalurkan pada musim hujan, dan untuk penempatannya nanti akan diletakkan di Balai Benih Ikan (BBI) di Marga Kencana, karena sampai saat ini kabupaten kita memiliki dua BBI yang terletak di Marga Kencana dan Mulya Asri.

“Tujuan Mina Padi ini adalah untuk melihat potensi yang dimiliki kabupaten Tubaba, jika nanti ini bisa berhasil dikembangkan, maka kedepan akan kita salurkan lebih banyak lagi untuk Pokdakan yang ada di Tubaba,” Terangnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Dengan adanya bantuan tersebut, Rukiza berharap agar kiranya bantuan ini bisa bermanfaat dan dipergunakan sebaik mungkin, karena seperti bantuan KUB itu merupakan alat penangkap ikan ramah lingkungan yang mana satu paketnya terdiri dari 5 Jala, 5 Jaring, 3 Senter, dan 4 Jaket Pelampung.

“Dan untuk program Mina Padi ini diharapkan bisa berjalan baik, karena ini baru pertama kali, sehingga jika berhasil akan kita salurkan juga untuk kelompok-kelompok lainnya, serta bisa membantu perekonomian masyarakat Tubaba,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.