27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Ketua PWI Tubaba Meradang, Edi : Wartawan Profesional itu Taat UU dan Kode Etik

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung menyayangkan tindakan menghalangi tugas wartawan yang dilakukan oleh oknum anggota Polres Tulang Bawang.

Dikatakan Ketua PWI Tubaba Edi Zulkarnain, lantaran ditanya wartawan karena sedang berkumpul seperti hendak menunggu sesuatu di suputar Tugu Rato Nago Besanding Tubaba, oknum anggota Polres Tuba merasa risih dan tersinggung dan justru memperlakukan wartawan dengan cara yang kurang baik.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Setahu saya beberapa wartawan yang diresahkan oleh oknum anggota Polres Tuba itu wartawan Profesional, kami tersinggung jika wartawan diperlakukan tidak baik, wartawan bertugas juga taat kepada aturan hukum yang di atur dalam Undang-Undang tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik sebagai pedoman perilaku wartawan dalam menjalankan tugas,” Kata Edi Zulkarnain.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Menurut Edi, bahwa Profesional seorang Wartawan dituntut dalam mencari, memperoleh dan menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan sumber informasi yang jelas dan berimbang.

“Wartawan bekerja dan menulis berita secara objektif dan tidak memiliki pandangan lain untuk pribadinya, tentu Sanksi hukum dan etika pasti diberikan kepada wartawan yang menyimpang dari undang-undang dan Kode Etik Jurnalistik, masyakarat dan penegak hukum juga bisa menilai mana yang wartawan profesional taat Kode Etik Jurnalistik dan yang bukan,” terangnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Ketua PWI Tubaba berharap pihak kepolisian dapat memberikan teguran keras kepada oknum anggota tersebut, dan dapat menyampaikan permohonan maaf secara terbuka baik kepada media tempat wartawan itu bertugas atau secara langsung kepada organisasi tempat wartawan tersebut bernaung.

 

Laporan : Dedi Priyono 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.