27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

BPS Lampung Tengah Paparkan Metode Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

Newslampungterkini.com LAMPUNG TENGAH – Bertempat di Rumah Dinas Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto dan Sekda Adi Erlansyah menerima kunjungan BPS Lampung Tengah, Kamis (11/7/2019).

Dalam kunjungannya Kepala BPS Lamteng Solihin , memaparkan metode yang akan digunakan untuk pelaksanaan sensus penduduk 2020.

“Nantinya, BPS akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk menyinkronkan data kependudukan,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya, BPS akan menggunakan metode basis data online dan terjun langsung ke lapangan untuk mencari data penduduk.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Tahun ini akan dilakukan pengumpulan data guna mendukung pembangunan nasional. Untuk persiapan sensus penduduk 2020, untuk pertama kalinya kita akan menggunakan metode basis data dengan menggandeng Disdukcapil,” ungkap Solihin.

Dengan data tersebut lanjut Solihin, maka data kependudukan akan terus terupdate, seperti perpindahan dan latar belakang pendidikan warga bisa diketahui.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Untuk metode data online warga hanya tinggal log-in, mencocokan data dengan NIK, maka akan terupdate. Sementara metode langsung, petugas kita di lapangan akan menggandeng mulai dari RT hingga camat untuk melakukan sensus,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk persiapan sensus penduduk 2020 sudah dimulai di enam kabupaten di Indonesia sejak Maret hingga Juli ini. Namun begitu, data tersebut belum bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pemilih di ajang pemilihan bupati (Pilbup) 2020 mendatang.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Sementara itu Bupati lampung Tengah mendukung penuh langkah yang di lakukan oleh BPS Lampung Tengah dalam melakukan pencarian data mengenai pertumbuhan penduduk yang ada di kabupaten Lampung Tengah.

“Dengan adanya Screening yang di lakukan BPS Lampung Tengah ini di harapkan Pemkab bisa mengetahui tingkat kepadatan dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Lampung Tengah,” ujar bupati.

 

(Dms/Kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.