27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Kopi Robusta Produk Unggulan Lampung Barat

Newslampungterkini.com LAMPUNG BARAT – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara langsung acara Festival Kopi Lampung Barat 2019 di Kampung Kopi, Pekon Rigis Jaya, Kec. Air Hitam (Selasa,07/09/2019)

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, Wakil Bupati Kepahiang (Bengkulu) Provinsi Bengkulu, Anggota DPR RI terpilih Mukhlis Basri dan Hanan A Rozak, Kepala Dinas Pariwisata Tulang Bawang Barat,

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Kemudian, perwakilan BI cabang Lampung, Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia Anton Apriantono, Anggota DPD RI, Forkopimda Lampung, Forkopimda Lampung Barat, Wakil Bupati, Dandim 0422/LB dan Kapolres Lampung Barat.

Disebutkan oleh Kepala Disbunnak Agustanto, 53.000 Ha areal kopi robusta dikelola oleh petani yang ada di Lampung Barat sebagai mata pencaharian utama dari masyarakat.

Dijelaskannya juga, tujuan dari acara ini yaitu memperkenalkan kopi robusta Lampung Barat sebagai produk unggulan dan meningkatkan pemasaran

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Selain itu, acara yang disajikan yaitu membedah wirausaha perdagangan kopi, camping Barista Kopi yang diikuti Pramuka dan Karang Taruna, Kuliner dan pasar kopi dari 30 UMKM se-Air Hitam, bincang barista, dan kegiatan lainnya.

Selanjutnya, Kampung kopi dikelola oleh Badan Usaha Milik Pekon dengan maksud memasyarakatkan kopi dari segi produksi dan juga wisata yang didukung oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Bank Lampung.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Barat menyampaikan bahwa Pemda harus Konsisten mempromosi kopi robusta dan meningkatkan mutu kopi.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Bupati juga menyampaikan selama 4 tahun terjadi penurunan yang disebabkan cuaca, umur, penggunaan obat tinggi dan belum ditemukan teknologi canggih.

Selanjutnya, Gubernur Lampung menjanjikan menghadirkan bibit kopi ke Lampung Barat dan Kabupaten lain di Lampung yang 1 hektar 4 ton. Dan agar ditanam di lahan sendiri tidak di tanah hutan kawasan.

 

Laporan : Kartiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.