27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Parosil Mabsus: Generasi Muda Dapat Mendukung dalam Memajukan Kabupaten

Newslampungterkini.com LAMPUNG BARAT – Grand final pemilihan Muli Mekhanai Lampung Barat 2019 “Betik Keliyak Buyun Kekhiloh” dihadiri Bupati Lambar H. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Lambar Drs. H. Mad Hasnurin, Jum’at (12/4/2019) di Gor Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu.

Hadir pada acara tersebut, Staff Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pesisir Barat,  Dispora OKU, Sekretaris Daerah Lambar Akmal Abd Nasir, SH, anggota DPRD, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Mad Hasnurin, Ketua DWP Irma Akmal Abd Nasir, Kepala OPD,  Camat dan Peratin, serta kepala adat Buay Belunguh.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Dalam kesempatan itu Bupati Parosil menyampaikan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat agar muli mekhanai Lampung Barat memiliki potensi yang baik. “Pemkab Lambar juga menyematkan harapan besar agar generasi muda dapat mendukung dalam memajukan kabupaten tercinta,” ujarnya.

Kemudian, diharapkan bupati, muli mekhanai yang ada di Lampung Barat lebih cinta terhadap adat budaya dan parwisatanya sehingga dapat mempromosikan potensi yang ada di Lambar di khalayak luas.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Terlebih muli mekhanai pada zaman sekarang ini peradabannya sudah berbeda, alat komunikasu lebih canghih sehingga lebih cepat mendapatkan informasi dan kegiatan ini untuk kedepannya dapat lebih baik dari sebelumnya,” harap bupati.

Ditambahkan buapti Parosil, kegiatan ini bukan hanya bagaimana menjadi juara tetapi untuk menanamkan edukasi pendidikan,  etika,  norma dam budaya,  karena jika bukan kita yang menjaga budaya kita maka budaya tersebut akan hilang. Dengan adanya sai batin dan suntan harapannya dapat memberikan masukan kepada Pemkab Lambar agar lebih mendekatkan diri kepada kepala adat agar dapat menggali potensi kebudayaan Lambar.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Jika budaya Lampung Barat sudah dikenal khalayak luas maka PAD Lambar akan meningkat sehingga dapat terwujud masyarakat yang sejahtera,” Ungkap Parosil.

Sedangkan dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ronggur S.IP M.Si, mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memilih muli mekhanai yang akan bertugas membantu Pemkab menjaga melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Lambar untuk mewujudkan Lampung Barat hebat dan sejahtera.

 

Laporan : Kartiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.