25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Wakapolda Lampung Hadiri Talkshow dan Dialog Interaktif Pemilu Damai di Way Kanan

Newslampungterkini.com WAY KANAN – Wakapolda Lampung Brigjen Pol Teddy Minahasa SH SIk didampingi Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Yosi Hariyoso dan Dir Binmas Polda Lampung Kombes Johni Soeroto menghadiri talkshow dan dialog interaktif  dengan tema iklan-iklan Caleg di GSG Pemda Kabupaten Way Kanan. Beberapa waktu lalu.

Kegiatan dihadiri juga Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro, Forkopimda, Pejabat Utama Polres Way Kanan, Ormas, LSM, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat,  tokoh pemuda, Camat Se Kabupaten Way Kanan, masing-masing Parpol Se Kabupaten Way Kanan, PWI Kabupaten Way Kanan dan tamu undangan.

Dalam kesempatan ini, tidak hanya Dirbinmas Polda Lampung sebagai narasumber talk show ada juga Komisioner KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami dan pengamat politik Robi Cahyadi.

Kegiatan Talk Show tersebut diisi dengan beberapa sesi yakni sesi Dialog Interaktif,  sesi tanya jawab dan sesi kuis dengan dorprize yang telah disiapkan panitia.

 

Wakapolda Lampung, menyampaikan bahwa mayoritas pemilih di Kabupaten Way Kanan merupakan pemilih Milenial atau pelajar – pelajar yang baru mendapatkan hak untuk memilih dalam kegiatan Pemilu tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Selain itu, Brigjen Pol Teddy Minahasa mengatakan bahwa Polri khususnya Polda Lampung, siap mengawal dan mengamankan proses jalannya Pemilu tahun 2019 agar berjalan dengan aman, damai dan sejuk.

Terkait kerawanan, Pihaknya  telah mepetakan lokasi kerawanan di wilayah hukum Polres Way Kanan dimohon bantuannya untuk saling berkoordinasi baik dari pihak KPUD Kabupaten Way Kanan dan Bawaslu Kabupaten Way Kanan sehingga kerawanan yang terjadi dapat ditanggulangi,” Tegas Wakapolda Lampung.

Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra menjelaskan, jumlah personel Polri di Way Kanan tidak akan sebanding dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di seluruh kecamatan. Artinya ada sejumlah TPS yang tidak akan tercover oleh Polres setempat.

Namun di tengah keterbatasan itu, Wakapolda berpesan agar para personil Polri tidak boleh menyerah. Karena anggota Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan.

“Keterbatasan personil bukan menjadi alasan bagi Polri untuk tidak bisa melaksanakan tugas di TPS. Upaya persuasif harus dikedepankan seperti melakukan pendekatan terhadap stokholder tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,” kata Wakapolda saat berkunjung ke Kabupaten Way Kanan, Senin (1/4/2019) lalu.

“Setelah merangkul tokoh yang berpengaruh, Polri harus mengusahakan daerah tersebut menjadi kurang rawan, dan TPS harus kompak. Punya hubungan yang aktif dengan TPS tetangga, jalin  komunikasi yang baik, apa yang terjadi di TPS sekitar saudara segera share agar rekan atau pimpinan saudara akan tahu,” tuturnya.

Saat menghadiri Talk Show Dialog Interaktif Menuju Pemilu Aman, Damai dan Sejuk di Gedung Serba Guna Way Kanan, Wakapoldajuga mengatakan, dialog ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Menurutnya, tanpa partisipasi masyarakat, tidak mungkin seluruh aparat keamanan mampu mengamankan rangkaian Pemilu.

“Pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2019 menjadi tanggung jawab bersama dalam memilih calon pimpinan nasional yang menentukan arah kebijakan Bangsa Indonesia lima tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara Dirbinmas Polda Lampung, Kombespol Drs Johni Soeroto menambahkan, untuk menciptakan kondisi Pemilu dan Pilpres aman, damai, dan sejuk, pada 17 April mendatang, Polri mengerahkan 8 ribu lebih personil dan dibantu 3 ribu lebih aparat TNI. Ia pun mengajak seluruh masyarakat khususnya di Way Kanan untuk sama-sama mengawasi dan menciptakan Pemilu yang aman.

“Mari kita bersama-sama bertanggung jawab atas terselenggaranya Pemilu Serentak 2019 ini untuk menuju pemilu yang aman, damai, dan sejuk,” terangnya.

Kunjungan Wakapolda ke Way Kanan disambut Bupati Raden Adipati Surya. Sebagai narasumber turut hadir Komisioner KPU Provinsi Erwan Bustami dan Pengamatan Politik dari Unila Robi Cahyadi.

 

Laporan : Bbg/Ag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.