27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tubaba Gelar Musrenbang 2019, Umar Ahmad: Ini Lanjutan Musrenbang Setiap Kampung dan Kecamatan

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 dan Perubahan Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 – 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula gedung sekretariat pemerintah daerah. setempat yang dihadiri Bupati Umar Ahmad SP, wakil bupati Fauzi Hasan SE serta Para Pejabat Eselon II dan III, anggota DPRD, Camat, Lurah, Kepalo Tiyuh (Kepala Kampung) serta perwakilan pemerintah provinsi Lampung.

Dikatakan Umar Ahmad, Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas.

Pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi dan Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur.

Menurut Umar Ahmad, Musrenbang 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, merupakan lanjutan proses Musrenbang di masing-masing tiyuh yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Musrenbang di tingkat Kecamatan pada tanggal 6 sampai dengan 14 Februari 2019 serta Forum OPD pada tanggal 28 Maret 2019.

Ia menuturkan, melalui forum tersebut, akan dibahas Perubahan RPJMD 2017-2022, yang dilakukan berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi terhadap indikator, sasaran, arah kebijakan dan program RPJMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2018.

“Perubahan itu diharapkan akan meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di mana merupakan integrasi dari system perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan system akuntabilitas keuangan,” Kata Umar Ahmad.

Umar mengakui saat mencermati hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya, terutama dilihat dari pembangunan Tubaba pada lima tahun terakhir, dapat dirasakan adanya berbagai perkembangan yang cukup membanggakan.

“Diantaranya Pertumbuhan ekonomi Tubaba masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, di samping sektor-sektor lain seperti perdagangan, peternakan, dan UKM. Berdasarkan besarnya peran sektor ekonomi tersebut di atas, Pemerintah Tubaba bertekad untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, penunjang perekonomian dan pelayanan publik. Tekad inilah yang akan diformulasikan dalam Musrenbang 2019,” Pungkasnya.

 

Advertorial 

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.