28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pasca OTT Bupati Mesuji, KPK Peringatkan Pejabat Daerah Tidak Bermain-Main

Newslampungterkini.com JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan mengingatkan seluruh pejabat di daerah untuk menjauhi segala praktik korupsi yang pada dasarnya merugikan keuangan negara.

Basaria mengatakan, KPK saat ini telah memiliki tim koordinasi dan supervisi (Korsup) yang tersebar di daerah. diseluruh Indonesia.

Tim tersebut menurutnya akan memudahkan KPK untuk menemukan dugaan praktik korupsi di setiap daerah.

“Kita minta jangan lagi bermain-main, kalau tidak harus dilakukan OTT oleh KPK,” kata Basaria usai memberikan pernyataan pers penetapan tersangka Bupati Mesuji di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Kamis (24/1/2019).

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Ia juga meminta agar kepala daerah tak perlu memandang tim-tim tersebut sebagai momok yang menakutkan. Sebab menurutnya tim tersebut pada dasarnya bertugas memaksimalkan fungsi pelaksanaan birokrasi di berbagai daerah.

“Jadi, sekali lagi, kita ingatkan kita tidak ingin menakut-nakuti. Tim kita ada di sana untuk membantu Bapak, Ibu bekerja dengan baik,” ujar Basaria.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Basaria juga menegaskan, KPK sudah melakukan pengawasan secara proporsional di pusat dan daerah.

“Sebenarnya KPK tidak ada fokus ke daerah, terus pusat ditinggalkan. Tidak ada, semua sama. Tetapi, tim kita, korsup, bisa lihat langsung. Jadi otomatis, informasi-informasi di daerah lebih cepat diketahui KPK” ujarnya.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

Lanjut Basaria, tim Korsupgah di daerah bisa mendukung upaya pemberantasan korupsi di daerah. Mereka bisa segera menindaklanjuti aduan masyarakat daerah serta memaksimalkan program pencegahan.

“Dulu Korsup tidak ada di daerah, hanya terima pengaduan, sekarang korsup ada di seluruh Indonesia, jadi mau tidak mau lebih cepat dan lebih banyak diterima KPK,” pungkasnya.

 

Editor : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.