28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Diskes Tubaba Himbau Masyarakat Cegah Penyebaran DBD

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT  – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menghimbau masyarat setempat untuk mencegah penyebaran penyakit DBD dengan lakukan 3M (plus).

Menurut pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Perana Putera, bahwa Curah hujan yang tinggi, pihaknya mengajak masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam berdarah (DBD) sejak dini dengan lakukan upaya 3M (plus) yakni, Menguras, Menutup dan Mengubur serta Perlindungan Tambahan.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit DBD mengingat saat ini curah hujannya tinggi, cukup dengan lakukan 3M (plus) dan tambahan perlindungan seperti saat menjalankan aktivitas daerah rawan nyamuk disarankan agar memakai pakaian baju dan celana panjang,” Kata Perana Putera saat di temui diruang kerjanya pada Kamis (17/1 /2018)

Baca Juga :  Ribuan Peserta Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Perana menjelaskan, masyarakat yang belum mengenali gejala DBDnya seperti apa dan cara penanganannya secara maksimal, saat ini pihaknya sudah memberikan arahan dan binaan praktek langsung ke masyrakat.

“Bagi masyarakat yang belum mengetahui gejalanya bisa diketahui apabila ada demam tinggi,kepala pusing dan mulai timbul bintik merah maka diharapakan untuk mengecek dipelayanan kesehatan terdekat , kemudian akan di lakukan uji laboratorium,” terangnya.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

Lanjutnya, Jika pasien positif terjangkit DBD maka harus dilakukan perawatan secara serius,serta keadaan pasien masih belum pulih maka pihaknya akan melakukan tindakan lebih lanjut hingga rujukan.

“Jika kejadian itu terjadi, kami akan segera lakukan foging dirumah pasien serta sekitarnya untuk mencegah penyebaran DBD,” Imbuhnya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.