26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tubaba Sukses Tampilkan Seni Budaya di Indonesia Cultural Festival Negara Azirbaijan

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, sukses hadiri undangan Indonesia Cultural Festival (ICF) dari Duta Besar Republik Indonesia di Baku, Negara Azerbaijan wilayah Eropa.

Berdasarkan undangan nomor 350/1/2018/SOSBUD, tentang 3 tahun Indonesian Cultural Festival yang disampaikan oleh DR. H. Husnan Bey Fananie, M.A, Duta Besar RI untuk Azerbaijan telah mengundang para pelaku usaha, tim kesenian dan akademisi dari Kabupaten Tubaba untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Indonesia Cultural Festival (ICF) merupakan sebuah kegiatan festival tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI BAKU) negara Azerbaijan sejak tahun 2016,” Kata DR. H. Husnan Bey Fananie M.A.

Ia menjelaskan untuk ketiga kalinya, KBRI Baku mengadakan rangkaian kegiatan ICF  sejak 13, 15 hingga 16 September 2018 di kota Baku. Kegiatan tersebut mencakup pertunjukan seni budaya, seperti seni musik, seni tari dan seni bela diri Indonesia dan salah satunya menampilkan seni budaya dari Kabupaten Tubaba – Provinsi Lampung.

“Tahun 2018 ini, Indonesia Cultural Festival diadakan di dua tempat selama 3 hari berturut-turut, yakni di Heydar Aliyev Sarayi yang merupakan tempat pertunjukkan yang prestisius di Kota Baku dan Fountain Square, sebuah pusat perbelanjaan luar ruang (outdoor) yang ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan mancanegara,” jelasnya.

Selain mengangkat Budaya Indonesia juga mengusung kekayaan pangan Indonesia (Indonesia Food Culture) sebagai sub tema dan Angklung sebagai ikon ICF 2018.

“Sejak menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Baku pada tahun 2016, negara Azerbaijan menjadi negara ke-2 bagi saya. Dengan keindahan ibukota Baku dan pemandangannya di berbagai daerah, ditambah dengan warganya yang ramah serta budayanya yang tinggi membuat saya jatuh cinta dengan Azerbaijan,” Kata Husnan dikutip media Newslampungterkini.com dari pidatonya.

Sedangkan dikatakan Bupati Tubaba Umar Ahmad kepada media Newslampungterkini.com, melalui sambungan telepon selulernya pada Senin (17/8/2018), dalam ajang ditingkat Internasional itu Tubaba telah tampilkan dan memperkenalkan Seni dan Budaya dan ditonton oleh ribuan pengunjung ICF di Azerbaijan.

Umar Ahmad juga mengatakan bahwa acara ICF itu sangat bagus untuk mempromosi kebudayaan daerah di Indonesia, khususnya kebudayaan dari Kabupaten Tubaba dengan berbagai kesempatan tampil sebagai peserta.

“Kita harus bangga dengan seni dan budaya sendiri, alhamdulillah kita telah menampilkan Seni Tari Sigeh Pengunten, Tari Nenemo yang menggambarkan sebuah tari kreasi baru Tubaba. Kita ingin gencar mempromosikan seni dan budaya dari Tubaba agar dunia luar pun,” Kata Bupati Tubaba Umar Ahmad.

Umar Ahmad berkeyakinan, Kabupaten Tubaba akan menjadi daerah yang maju, berkembang dan berdaya saing, dan optimis Kabupaten Tubaba juga akan menjadi tujuan Wisata, baik lokal maupun wasatawan mancanegara.

“Hadirnya Tubaba di negara Azirbaijan dalam Indonesia Cultural Festival, merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi daerah kita, sehingga mancanegara pun mengetahui seni budaya kita di Tubaba, untuk itu kita akan terus menggali semua potensi daerah kita,” Imbuhnya.

Pantau media Newslampungterkini.com, dalam acara tersebut selain Bupati dan Wakil Bupati Tubaba serta tim Kesenian Tubaba, juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta sejumlah pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia Baku untuk Azerbaijan.

 

Advertorial

Laporan : Dedi Priyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.