26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Siapkan Jalur Wisata, Purworejo Gelar Grebeg Jatilan

Newslampungterkini.com PURWAREJO – Siapkan jalur wisata songsong hadirnya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Masyarakat Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah menggelar grebeg jathilan.

Tak kurang 2.020 penari suguhkan tarian jatilan kolosal dengan mengenakan debog (pelepas daun pisang) yang digelar di Alun-alun eks Kawedanan Purwodadi, Minggu (2/9/2018).

Sebelumnya, dilakukan arak-arakan kuda lumping raksasa, yang juga diikuti Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari SE bersama tamu undangan serta seluruh penari jatilan. Bupati bersama ibu Fatimah juga sempat menari bersama, membaur ditengah-tengah ribuah penari jatilan.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Grebeg Jathilan yang dilaksanakan ini menunjukkan kesiapan Kecamatan Purwodadi dalam menyongsong Romansa Purworejo 2020. Setelah selesainya pembangunan Bandara NYIA, diharapkan Purworejo telah siap menjadi kawasan wisata kedua setelah Yogyakarta.

“Ini sangat luar biasa dan perlu diapresiasi. Ini merupakan titik awal dari kebangkitan kita untuk menyambut romansa 2020,” tandasnya.

Dikatakan, Pemkab ingin terus mengembangkan pariwisata di Purworejo dengan wawasan budaya, lingkungan serta ekonomi kerakyatan. Pemkab juga terus mendorong seluruh warga masyarakat untuk menggali potensi wisata yang ada didaerahnya. Menurutnya, desa yang kuat akan menjadikan Purworejo yang hebat.

“Dengan adanya pengembangan pariwisata yang diikuti semangat seluruh masyarakat Purworejo, saya optimis bahwa tahun kunjungan wisata atau Romansa tahun 2020 dapat tercapai,” ujar Bupati.

Camat Purwodadi Drs Heri Raharjo MSi menjelaskan, tarian kolosal melibatkan siswa SD, SMP, SMA serta 16 group kesenian kuda lumping. Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-73 kemerdekaan RI di Kecamatan Purwodadi, sekaligus sebagai upaya untuk mempersiapkan jalur wisata menyongsong hadirnya Bandara NYIA. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.