26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Jamaah Al Barokah Sidorejo Maknai Kurban Sebagai Penguji Keimanan dan Keiklhasan

Newslampungterkini.com LAMPUNG TIMUR – Ratusan jama’ah Masjid Albarokah Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur menggelar perayaan Idul Adha 1439 H  dengan Sholat Id dan menyembelih hewan kurban di halaman masjid setempat, Rabu (22/08/2018).

Rangkaian Perayaan Idul Adha diawali dengan Sholat yang diimami oleh H. Jasmir dan khotbah oleh pengurus cabang Muhammadiyah Sekampung Udik, Mujito.

Dalam Khotbahnya Mujito menekankan bahwasanya kurban didalam islam bukanlah sebagai bentuk persembahan melainkan sebagai bentuk Dari penguji keimanan seseorang.

“Allah SWT tidak memerlukan daging dan persembahan kurban,  pengorbanan seseorang untuk berbagi belum seberapa di bandingkan pengorbanan Nabi Ibrahim yang mengorbankan anaknya,” ujar dia.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Mujito mengutip Ayat Assaffat 102 yang menjelaskan pengorbanan Nabi Ibrahin saat datang wahyu dari Allah kepadanya.

Maka tatkala anak itu sampai pada umur sanggup berusaha bersama-sama Ibrahim yaitu telah mencapai usia sehingga dapat membantunya bekerja; menurut suatu pendapat bahwa umur anak itu telah mencapai tujuh tahun. Menurut pendapat yang lain bahwa pada saat itu anak Nabi Ibrahim berusia tiga belas tahun Ibrahim berkata.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Hai anakku! Sesungguhnya aku melihat maksudnya, telah melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, mimpi para nabi adalah mimpi yang benar, dan semua pekerjaan mereka berdasarkan perintah dari Allah SWT. (Maka pikirkanlah apa pendapatmu!) tentang impianku itu.”

Nabi Ibrahim bermusyawarah dengannya supaya ia menurut, mau disembelih, dan taat kepada perintah-Nya. Ia menjawab, “Hai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu untuk melakukannya Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar menghadapi hal tersebut.”

“Dijaman jahiliyah kaum jahiliyah menyembelih hewan kurban dengan tujuan untuk menyuap tuhan, setelah Islam datang kurban ditegaskan adalah bentuk keiklashan seseorang dan penguji keimanan,” kata dia lagi.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Khutbah Sholat Idul Adha ditutup olehnya dengan pembacaan sebuah hadis yang berbunyi, “Barangsiapa memiliki kemampuan (harta) dan tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”

Pada kesempatan Idul Adha 1439 H tersebut Masjid Albarokah melakukan penyembelihan hewan kurban 2 Ekor sapi dan 3 Ekor Kambing, daging hewan kurban rencananya akan dibagikan kepada yang berhak menerima pada siang hari ini. (ED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.