25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Lampung Tengah Dapat Hibah Tanah dari BPPT Pusat

Newslampungterkini.com BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah memperoleh Hibah Tanah dari BPPT Pusat seluas 20 Ha yang diserahterimakan pada Rabu (18/7/2018) di Anjungan Lampung Tengah PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto mengatakan, bahwa pada dasarnya proses pengajuan permohonan hibah lahan seluas 20 Ha yang terletak di Kecamatan Anak Tuha tersebut sudah dari satu tahun yang lalu, dan sebulan yang lalu disetujui oleh Kementerian Keuangan RI.

Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan masyarakat Lampung Tengah Loekman mengucapkan terima kasih atas hibah tanah ini.

Namun diingatkan oleh Loekman bahwa masih banyak proses yang harus dilalui agar tahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung tengah terutama terkait dengan penyelesaian dokumen legalisasi hukum lahan tersebut perlu menjadi perhatian seksama dan teliti dari stakeholder terkait agar tidak terjadi masalah pada masa yang akan datang.

“Harapan kita semua pada lahan tersebut dimasa depan kelak dapat lahir calon pengusaha -pengusaha baru dengan produk kreatif baru yang berbasis teknologi seperti yang telah terlaksana dibeberapa Kabupaten seperti Solo, Bandung dan Bantaeng yang lebih dahulu melaksanakan program ini dan telah banyak melahirkan usaha – usaha baru.” Ujarnya.

Dengan hibah lahan ini, lanjutnya, tentunya makin bertambah juga tanggung jawab Pemerintah Daerah, baik Propinsi maupun Kabupaten untuk bersinergi dalam upaya merealisasikan sesuai dengan peruntukannya sebagai kawasan Techno Park, untuk itu kepada seluruh OPD juga dapat memanfaatkan lahan tersebut sebaik mungkin.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan oleh Loekman bahwa Kabupaten Lampung Tengah sebagai Daerah Agribisnis dan salah satu daerah penghasil singkong di Provinsi mempunyai dilema tersendiri yaitu setiap panen selalu mengalami penurunan harga, sehingga petani singkong tidak bisa menikmati hasil panen nya.

“Kita tidak bisa menutup mata juga bahwa pertanian di Lampung Tengah dikuasai Pengusaha – pengusaha besar tapi kontribusinya masih kecil, contoh lain misalnya tebu pada dasarnya bisa dikelola oleh pengusaha pengusaha lokal, namun minimnya teknologi yang dimiliki, maka sampai saat ini kondisinya masih memprihatinkan,“ ungkap Loekman.

Untuk itu kepada BPPT sebagai Lembaga yang membidangi tekhnologi, Loekman minta dibantu untuk penguasaan teknologi.

Sementara itu, Deputi BPPT Bidang TAB Dr.Ir.Soni Solistia Wirawan M.Eng, dalam sambutannya mengharapkan agar lahan hibah seluas 20 Ha tersebut bisa dibangun sesuai dengan master plan yang diajukan yakni untuk pengembangan Techno Park, BPPT akan memback up.

“Akan tetapi mengingat terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh BPPT maka Daerah diminta untuk mengalokasikan dananya.” Ucapnya.

Pada serahterima tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto, Sekretaris Utama BPPT Prof.Ir.Wimpie Agung Nugroho A,MSCE.Ph.D, Deputi Kepala BPPT Bidang TAB Dr.Ir.Soni Solistia Wirawan,M.Eng, Sekab.Lampung Tengah, Kepala B2TP BPPT, Pejabat Eselon II, III di Lingkungan Provinsi dan Kabupaten. (Mul)

***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.