23 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pjs Wali Kota Bandar Lampung Dukung Program Kelurahan Cantik

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandar Lampung, Budhi Darmawan, mengungkapkan dukungannya terhadap peluncuran program Kelurahan Cantik di Kota Bandar Lampung.

“Kami mendukung penuh program ini dan siap membantu menyukseskannya agar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kota Bandar Lampung,” kata Budhi Darmawan, Selasa (15/10/2024).

Menurutnya, program ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap statistik di tingkat kelurahan agar data di setiap kelurahan bisa dipotret dengan lebih baik.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

“Tujuan program ini adalah agar kelurahan memiliki cinta terhadap statistik, sehingga mampu memotret data yang ada di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Statistik Ketahanan Sosial BPS RI, Nurma Midayanti, menjelaskan bahwa program Kelurahan Cantik dirancang untuk meningkatkan literasi statistik di kalangan aparatur kelurahan.

Tujuan akhirnya adalah agar kelurahan memiliki kemampuan dalam mengumpulkan, mengelola, hingga mendiseminasikan data yang akurat untuk pembangunan kelurahan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik di tingkat aparatur kelurahan. Jika aparatur kelurahan paham cara mengumpulkan dan mendiseminasikan data, maka data ini dapat berperan dalam pembangunan kelurahan,” jelas Nurma.

Ia juga menambahkan bahwa data berbasis wilayah yang dikumpulkan oleh kelurahan melalui program ini harus memenuhi empat standar Satu Data Indonesia. Data tersebut nantinya dapat digunakan dan dibagikan oleh pemerintah hingga tingkat kabupaten/kota.

“Output dari program ini adalah adanya agen statistik di setiap kelurahan yang paham betul akan pentingnya data. Dengan begitu, pembangunan di setiap kelurahan dapat berbasis data yang valid dan akurat,” jelas Nurma.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Program Kelurahan Cantik ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas data di tingkat kelurahan dan mendukung pembangunan yang lebih tepat sasaran di Kota Bandar Lampung.

(sn)

Baca Lebih Banyak Berita Klik di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.