4 Juli 2024

News Lampung Terkini

Portal Berita Terkini

FKIP Unila Gelar Pameran Inovasi Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan kegiatan pameran inovasi proyek kepemimpinan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023. Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada 29-30 Mei 2024, di kampus FKIP Unila.

Kegiatan dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Dekan FKIP Prof. Dr. Sunyono, M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Hermi Yanzi, S.Pd., M.Pd., Ketua Program Studi PPG Dr. Edi Suyanto, M.Pd., serta tim pengelola, guru pamong, instruktur, dan para mahasiswa PPG Prajabatan.

Dalam laporan kegiatannya, Dr. Edi Suyanto menyampaikan bahwa FKIP Unila juga menyelenggarakan Pameran Inovasi Proyek Kepemimpinan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa PPG Prajabatan sebagai calon guru profesional.

Pameran ini juga memberikan pengalaman untuk mendiseminasikan produk hasil karya inovatif serta mengembangkan kemampuan evaluatif dan reflektif mahasiswa.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harapkan Bussines Matching Produk Unggulan Perkebunan Jadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Lampung

Prof. Dr. Sunyono, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pameran inovasi ini sebagai bagian dari proses akademik yang membekali mahasiswa dengan kemampuan kepemimpinan dan inovasi pembelajaran.

Hasil yang diharapkan dari proyek kepemimpinan adalah mahasiswa PPG akan mampu menerapkan inovasi pembelajaran setelah mereka lulus dan menjadi guru profesional. Sebagai guru profesional, mereka diharapkan memiliki kemampuan komprehensif dalam tugas pokok mereka sebagai pendidik dan instruktur, termasuk kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

“Tujuan dari pameran inovasi proyek kepemimpinan ini tidak hanya untuk melibatkan mahasiswa PPG, tetapi juga guru dan siswa dalam upaya meningkatkan inovasi dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

Pameran ini merupakan hasil kerja sama yang positif antara FKIP Unila dan mitra-mitranya, melibatkan mahasiswa, dosen pembimbing proyek, sekolah, serta instruktur yang merupakan guru penggerak.

Kegiatan ini menampilkan sejumlah karya inovatif dari mahasiswa PPG prajabatan dari berbagai program studi yang ada di PPG, enam program studi yaitu Bimbingan Konseling, PGSD, Matematika, Penjas, PKn dan PBSI.

Baca Juga :  Kadis Pariwisata Lamsel dan Manajemen Rio By The Beach Kunjungi Keluarga Korban Tenggelam

Dalam pameran tersebut, berbagai produk dan inovasi ditampilkan, seperti media pembelajaran, inovasi pembelajaran, pembuatan bahan ajar, literasi, tarian, karate, media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), generasi berencana, serta berbagai konsep lainnya. Sebanyak 32 stand didirikan untuk mempresentasikan hasil karya dalam program proyek kepemimpinan ini.

Pameran inovasi ini berlangsung selama dua hari dengan berbagai kegiatan menarik. Pada hari pertama, setiap kelompok mahasiswa menyajikan karya seni mereka dalam bentuk drama, musikalisasi puisi, solo song, dan lain sebagainya. Kemudian, pada hari kedua, para mahasiswa PPG mempresentasikan inovasi kepemimpinan yang telah mereka lakukan.

Hermi Yanzi, S.Pd, M.Pd., dalam tanggapannya, menekankan pentingnya pameran ini sebagai platform bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan inovasi dan kepemimpinan mereka.

Baca Juga :  Pj Gubernur Lampung Pimpin Rapat Evaluasi Pencapaian Target Pendapatan Tahun 2024

“Kesuksesan pameran ini berkat kerja keras para mahasiswa, tim panitia, dan seluruh pihak terkait. Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan hasil kerja mereka, tetapi juga untuk belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan,” ungkap Hermi.

Dengan adanya pameran inovasi proyek kepemimpinan ini, FKIP Unila berharap dapat terus mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Proyek kepemimpinan ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan kepada komunitas atau masyarakat yang menjadi target.

Melalui acara ini, FKIP Unila menegaskan komitmennya dalam menghasilkan guru-guru profesional yang mampu berinovasi dan berkontribusi secara signifikan dalam dunia pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

(sn/hm)

Baca Lebih Banyak Berita Klik di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.