24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Deputi Bidang Kemaritiman KSP-RI Inspeksi Ke Pertambakan Udang Terbesar di Lampung

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Deputi I Bidang Kemaritiman dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (KSP-RI) dan rombongan melakukan inspeksi ke pertambakan udang terbesar di Lampung, yang berlokasi di sekretariat Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah Lampung (P3UW Lampung), pada Senin (29/1/2024) pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP Bidang Kemeritiman, Alan Frendy Koropitan, dan merupakan kunjungan kedua. Diskusi utama mencakup status hukum lahan irigasi, termasuk kanal saluran pasok, saluran buang, Pintu Dam, dan Breakwater pertambakan Dipasena.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Alan menjelaskan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI) telah menyatakan bahwa lahan tersebut termasuk dalam Area Penggunaan Lain (APL), yang berarti kepemilikan oleh pemerintah dan dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat Dipasena.

Selain itu, Alan meminta Kementerian PUPR untuk memulai pembahasan mengenai tindak lanjut rencana revitalisasi irigasi pertambakan Dipasena, dengan catatan kemungkinan penguatan dalam sertifikasi Barang Milik Negara (BMN).

Alan menekankan kepada BPN dan manajemen PT. CP Prima untuk membantu percepatan proses tersebut, agar pemerintah dapat segera merevitalisasi pertambakan Dipasena. Pertemuan berikutnya dijadwalkan dua pekan mendatang di Bina Graha, Jakarta.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Di sisi lain, Suratman, Ketua P3UW Lampung, menyambut baik kunjungan KSP ke Dipasena. Menurutnya, permasalahan pertambakan yang sebelumnya kompleks, kini semakin terang. Semua pihak berharap agar masalah ini segera terselesaikan dengan baik, memungkinkan produksi udang Dipasena kembali berjaya.

Pertemuan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Direktur Kelautan dan Perikanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Hadir juga, Sekda Provinsi Lampung dan Kadis Perikanan, anggota DPD-RI, serta Pemda Kabupaten Tulang Bawang, Camat Rawajitu Timur, Kepala Kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, dan tokoh agama Se-Rawajitu Timur, beserta pengurus P3UW Lampung sebagai tuan rumah.

Laporan: Nafian Faiz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.