25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Kenalkan Aneka Ragam Seni Budaya di Pesisir Barat, DKPB dan PHDI Gelar Pentas Kebudayaan

Newslampungterkini.com – Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal SH MH menghadiri sekaligus membuka pentas kebudayaan yang digelar oleh Dewan Kesenian Pesibar (DKPB) bekerjasama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), di Pura Tirta Bhuana, Pantai Melasti, Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Jumat (9/6/2023).

Selain bupati hadir juga Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif SH, Ketua DPRD Agus Cik, Ketua Dewan Kesenian Pesibar, Septi Istiqlal, Plt. Sekda Pesibar Drs. Jon Edwar M.Pd, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah, Camat Pesisir Selatan, Peratin se-Kecamatan Pesisir Selatan, para peserta pentas kebudayaan dan para lapisan masyarakat yang turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam laporannya, Ketua DKPB menerangkan bahwa, DKPB merupakan wahana untuk membina dan melestarikan potensi seni budaya daerah agar dapat terus lestari ditengah-tengah masyarakat.

“Karenanya melalui program Dewan Kesenian Pesibar, maka dilaksanakanlah kegiatan pentas kebudayaan sebagai wujud aktualisasi kesenian sekaligus memasyarakatkan seni di Pesibar,” ujar Septi Istiqlal.

Disampaikannya, bahwa acara ini pada dasarnya bertujuan untuk mendorong terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan seni di Pesibar, menciptakan ruangan yang positif bagi peningkatan kualitas, kesadaran dan kreativitas, membangun masyarakat seni dan budaya di Pesibar, serta memelihara nilai-nilai seni dan budaya di Pesibar.

Sementata itu, bupati Pesibar dalam sambutan mengatakan, Pesibar sebagai Kabupaten paling ujung di Lampung yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu merupakan daerah yang dijuluki sebagai Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama. Hal tersebut menunjukkan betapa Pesibar sarat dengan kekentalan Budaya dan Tradisi yang melekat didalamnya, yang dihuni oleh penduduk yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia.

“Ada suku Lampung yang merupakan penduduk asli Pesibar, ada juga suku Sunda, Jawa, Bali, Minang, dan suku Batak. Dari sekian banyaknya suku yang tinggal bersatu padu itu, tentu memiliki nilai dan karakter masing-masing, serta memiliki potensi tersendiri di bidang seni,” terang bupati.

Bupati Pesibar juga menerangkan bahwa, kegiatan pentas kebudayaan yang mengusung tema Eksistensi Ragam Budaya di Negeriku Para Sai Batin dan Para Ulama ini merupakan upaya untuk mengangkat kesenian khas, baik kesenian asli Lampung maupun kesenian pada masyarakat dari suku lainnya yang sudah tinggal dan menetap di Pesibar untuk diperkenalkan ke masyarakat secara luas.

“Sehingga secara tidak langsung kita dapat memasyarakatkan kesenian sekaligus mengangkat nilai-nilai estetika seni yang berasal dari berbagai macam daerah yang saat ini menjadi bagian dari Pesibar,” ucap bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Pesibar juga menyampaikan apresiasinya kepada DKPB dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) terhadap yang telah menginisiasi kegiatan yang diharapkan dapat menarik minat dan kecintaan masyarakat dalam menjunjung tinggi serta melestarikan adat budaya di Pesibar tersebut

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada Dewan Kesenian Pesisir Barat dan Keluarga Besar PHDI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu usaha untuk menopang kesenian di Pesibar,” tandas bupati.

Bupati berharap, dengan kolaborasi dari dukungan Pemerintah, baik di tingkat Pekon, Kecamatan, dan Kabupaten, diharapkan pengembangan seni budaya dapat terus dikembangkan dan disemarakkan ditengah-tengah masyarakat yang beragam.

“Semangat ini juga diharapkan dapat ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat dan satuan pendidikan kita agar upaya pengembangan seni dan budaya di Pesibar lebih optimal,” tukas bupati.

Pembukaan pentas kebudayaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pesibar didampingi Wakil Bupati Pesibar dan Ketua DKPB.

(sn/kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.