25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemudik Sepeda Motor Tujuan Bakauheni Dialihkan ke Ciwandan

Newslampungterkini.com – Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kepadatan dan kemacetan parah di kawasan Pelabuhan Merak, Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan langkah strategis menghadapi musim mudik yang tinggal tiga pekan lagi ini, Jumat (24/3/2023).

Kemenhub RI akan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan yang dikelola PT Pelindo 2, untuk layanan penyeberangan pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

Khusus untuk sepeda motor, agar dapat terlayani dengan baik, maka nanti akan diarahkan melalui Pelabuhan Ciwandan, termasuk kendaraan truk barang akan dialihkan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Rencananya penyeberangan sepeda motor mulai akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan pada H-4 hingga H-1 lebaran.

Sementara penyeberangan untuk arus balik dari Sumatera ke Pulau Jawa, pemudik motor akan dialihkan melalui Pelabuhan Panjang pada H+1 hingga H+7 lebaran.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, dengan dioperasikannya Pelabuhan Ciwandan maka diharapkan kemacetan di Pelabuhan Merak dapat diatasi.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Kemenhub akan menyiapkan 12 kapal ASDP Roro Ferry yang Biasanya di Dermaga Reguler akan diperbantukan di pelabuhan Ciwandan, untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian disiapkan juga 3 kapal besar yang akan melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, yaitu 1 kapal dari PT Pelni dan 2 kapal dari PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP).

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sementara Kapal yang biasa reguler di ASDP juga akan diperbantukan di pelabuhan Ciwandan – Bakauheni, dan ada tambahan kapal Pelni dan ALP untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak.

Untuk posisi pelabuhan Ciwandan itu dekat dangan Merak, arah menuju ke Anyer Sedangkan untuk tiket tiket penyeberangan, semua mengunakan tiket Online Ferrizy.

(bg/dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.