23 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Lapas Rajabasa, KPU, dan Disdukcapil Tandatangani Nota Kesepakatan

Newslampungterkini.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Lampung (Kemenkumham), Dr. Sorta Delima Lumban Tobing mengungkapkan

Dengan dibuatnya Nota Kesepakatan antara Lapas Rajabasa, KPU, dan Disdukcapil harapannya seluruh Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) terpenuhi haknya untuk memilih dalam Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Lampung (Kemenkumham), Dr. Sorta Delima Lumban Tobing.

“Pada hari ini Lapas, KPU dan Dukcapil melakukan kerja sama sehingga tidak ada yang terlewatkan semua WBP yang sudah memiliki hak pilih, dia bisa menyalurkan haknya pada Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Sorta, Senin (20/2/2023).

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Karena menurut Sorta, WBP memiliki hak yang sama seperti warga lainnya sepanjang hak memilihnya tidak di cabut, dan negara wajib memfasilitiasi hak itu.

“Kita mendorong agar hak-hak itu bisa terpenuhi untuk mensukseskan pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Ditempat yang sama Kepala Dinas Dukcapil Febriana mengatakan, untuk memenuhi hak WBP pihaknya akan menjemput bola agar WBP bisa memiliki identitas kependudukan atau kembali mengetahui identitas kependudukannya.

“Kita akan meminta 191 data tersebut kepada Kalapas kelas 1 Bandar Lampung, dan akan kita cek satu persatu apakah yang bersangkutan sudah pernah melakukan perekaman atau belum

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Apabila memang belum melakukan perekaman kita akan langsung fasilitasi untuk melakukan perekaman,” kata Febriana.

Sementara itu Ketua KPU Bandar Lampung, Dedi Triyadi mengapresiasi pihak Lapas Kelas 1 Rajabasa atas gagasannya membuat Nota Kesepakatan antara Lapas, Disdukcapil, dan KPU.

“Ini merupakan suatu gebrakan yang diambil oleh Kalapas untuk mensukseskan Pemilu 2024 kedepan, dan ini merupakan kegiatan pertama di Lampung,” ujar Dedi Triyadi.

(sen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.