26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemkot Bandar Lampung Kenalkan Produk UMKM di Rakernas Apeksi Padang

Newslampungterkini.com – Pemerintah Kota Bandarlampung menjadi salah satu peserta yang memeriahkan Rakernas Apeksi di kota Padang 7 hingga 10 Agustus 2022.

Rombongan yang dipimpin Walikota Bandarlampung Hj. Eva Dwiana itu, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan, Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes, hingga Lomba Marandang dan Teh Talua.

Dalam Rakernas Apeksi tersebut berbagai isu nasional dibahas mulai dari sinergi dan kolaborasi menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan, hingga kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer pada tahun 2023.

Walikota Bandarlampung mengatakan, melalui Rapat Kerja Nasional (Rakenas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) akan ada trobosan bersama dalam membangkitkan daerah.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci dalam memajukan daerah, bunda berharap akan ada terobosan bersama, rekomendasi dalam memajukan daerah,” ujarnya.

Setelah pembukaan Rakernas, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh, pada Senin 8 Agustus 2022.

Dalam kegiatan itu Walikota Eva Dwiana secara langsung menanam bibit pohon durian.

“Apeksi kali ini, kita para walikota diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang, bunda berharap pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Dihari kedua Apeksi XV, Walikota Bandarlampung mengikuti lomba Lomba Marandang dan Teh Talua antar Walikota se-Indonesia. Dalam kegiatan lomba tersebut, Kota Bandarlampung meraih juara tiga.

Menurut Walikota Eva, randang atau rendang, sudah termasuk warisan budaya dunia dari Sumatera Barat.

“Sebagai warga negara, kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan warisan kuliner, melalui kegiatan seperti ini, kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kuliner Nusantara,” terangnya.

Sedangkan dalam mempromosikan hasil produksi UMKM, kota Bandarlampung ikut serta dalam Indonesia City Expo (ICE) 2022, kegiatan itu menjadi momen dalam mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandar Lampung di tingkat nasional.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Dalam kesempatan itu Walikota Eva Dwiana mengunjungi pameran ICE 2022 usai mengikuti Rakernas Apeksi..

“ICE 2022 yang merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan dan mengenalkan produk serta kerajinan khas dari Bandarlampung,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandarlampung Riana Apriana mengatakan, kerajinan tangan dan produk khas yang ditampilkan di stan Kota Bandar Lampung ICE 2022 diantaranya batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan lainnya.

“Ada delapan UMKM dan satu pengerajin dari Kota Bandar Lampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022,” jelas Riana Apriana.

(sen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.