25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pj Bupati Tubaba Sampaikan Program Prioritas Pembangunan Tahun 2023

Newslampungterkini.com – Sejumlah program pembangunan prioritas akan dilakukan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Tubaba Dr. Zaidirina Wardoyo, kepada media newslampungterkini.com saat diwawancara di gedung DPRD Tubaba setelah rapat paripurna dalam rangka penyampaian kebijakan umum anggaran (KUA) prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2023 yang sempat tertunda.

“Pada tahun 2023 titik berat kita adalah pemulihan ekonomi. Seperti harapan Gubernur, bahwa Tubaba dapat menjadi sentra ternak, itu yang akan kita kejar dan sudah kita anggarkan kajiannya. Jadi kita libatkan pihak akademisi buat kajian untuk membantu Tubaba menjadi Kabupaten sentra ternak, kita akan memfasilitasi dari hulu ke hilir, artinya mulai dari pembenihan sampai pemasaran bahkan sampai produk hasil olahannya, sehingga ada juga target kita untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini,” kata Pj Bupati Tubaba pada Kamis (28/7/2022).

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dikatakan Zaidirina, Pemkab Tubaba akan mendirikan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terdiri dari 24 instansi termasuk instansi vertikal, dan rencananya berada di Pasar Pulung Kencana lantai dua.

“Untuk kantor MPP ini memang ada standarnya secara sistem dan aturan, termasuk anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga harus disiapkan,” kata Zaidirina.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Lanjutnya, juga terdapat program Tubaba menanam untuk penurunan stunting dengan gerakan Keluarga Nenemo Mandiri Pangan, semua pekarangan lahan yang ada di Tiyuh (Kampung) menurut Pj Bupati Tubaba tidak boleh terbengkalai dan kosong, harus dimanfaatkan dengan diintegrasikan 3K (Kandang, Kolam, Kebun).

“Program Tubaba menanam itu juga akan disiapkan mulai dari pembenihan, dan untuk semua masyarakat yang tidak mampu boleh ambil gratis, karena memang tujuan program tersebut untuk pencegahan dan penanganan Stunting, sehingga masyarakat dapat memiliki dapur dasar pemenuhan gizi,” kata Pj Bupati Tubaba.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Selain itu, untuk program Infrastruktur di tahun 2023 di prioritaskan terhadap pembangun jalan-jalan yang ada di Tiyuh, khususnya jalan produktif dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Ditegaskannya, setiap program yang ingin dicapai tersebut dengan tujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan akan berdampak baik untuk perkembangan dan kemajuan daerah.

“Untuk itu, perlu kerjasama kita semua dalam melaksanakan berbagai program tersebut, dan bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti akan dibahas lebih lanjut, serta saya harap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan itu dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.