25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Burung Kasturi, Satwa Dilindungi Gagal Dibawa Menuju Pulau Jawa

Newslampungterkini.com – Pengawasan terhadap lalulintas satwa terutama di area zona rawan penyelundupan terus diperketat oleh Karantina Pertanian Lampung bersama tim gabungan di Pelabuhan Bakauheni.

Pada hari Senin (14/06/2021) setelah sebelumnya telah berhasil mengamankan puluhan ekor ular sanca tujuan Tangerang, Karantina Pertanian Lampung kembali berhasil mengamankan satu ekor burung kasturi kepala hitam asal Tulang Bawang, Lampung yang hendak dibawa menuju Tegal, Jawa Tengah.

Baca Juga :  Eksekusi Bangunan di Kelurahan Sukarame Baru Oleh Pengadilan Negeri Berlangsung Tegang

Burung cantik dengan nama ilmiah lorius lory ini oleh pemiliknya dibawa menggunakan minibus. Saat hendak melintas di Pelabuhan, ternyata aksinya tersebut diketahui oleh petugas yang saat itu sedang melakukan pengawasan di Area Pelabuhan.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Hasil investigasi dilapangan, burung tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan dan tidak dilaporkan ke Pejabat Karantina di tempat pengeluaran,” ujar Ias, Dokter Hewan Karantina Wilayah Kerja Bakauheni.

Menurutnya, perbuatan pelaku telah melanggar UU.21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Rehabilitasi Stadion Pahoman

“Sedangkan berdasarkan PermenLHK No.106 tahun 2018  tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi, bahwa burung kasturi kepala hitam termasuk satwa dilindungi dan saat ini langsung kami serahterimakan ke BKSDA,” tegas Ias.

(bbg/kpl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.