25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dua Hari Sebelum Dikunjungi RI 6, Tubaba Sempat ‘Tegang!’

Newslampungterkini.com – Siang itu Selasa 23 Februari 2021 sekitar pukul 10.30 Wib, terdengar kabar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan kedatangan tamu istimewa yang akan hadir pada Jum’at 26 Februari 2021.

Kabar itu terdengar ditelinga penulis dari dua orang peria yang akrab seperti Upin Ipin dan berseragam dinas ASN lengkap, yang tampak tergesa-gesa keluar dari sebuah ruangan di gedung sekretariat pemerintah daerah Tubaba.

“Mau kemana bang? Kok buru-buru?” tanya penulis kepada keduanya.

“Ya, mau rapat di Berugo Cotage dengan pak Umar, karena ibu Puan Maharani Ketua DPR RI mau berkunjung ke Tubaba, ini sudah ditunggu, kami terus ya..” ungkap keduanya menjawab pertanyaan penulis

Tidak lama mereka pun bergegas keluar gedung dan menuju kendaraannya untuk pergi kelokasi pertemuan.

Terlintas dipikirkan penulis, itu adalah kabar baik yang harus dikejar informasi kebenarannya, sebab seorang tokoh nasional yang bahkan cucu tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia, putri Megawati Sukarno Putri Presiden Indonesia ke-5, mau berkunjung di Tubaba.

Ibu jari mulai melacak kontak di handphone, mencari sumber informasi yang tepat untuk mendapatkan kebenaran tentang rencana kehadiran cucu Soekarno presiden pertama republik Indonesia tersebut.

“thhutt…thhutt…thhutt..” penulis mencoba menggali informasi langsung ke Bupati Tubaba, tetapi tidak berhasil tersambung.

Rasa penasaran terus menantang untuk mendapatkan informasi yang jelas, dan cepat, bahkan beberapa pejabat daerah dikonfirmasi juga tidak satupun yang berani memberikan informasi kepastiannya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Kabarnya begitu, tetapi Puan Maharani kabarnya ke Tubaba hanya kunjungan pribadi, hanya silaturahmi saja ke pak Umar dan semua dibatasi. Maaf ya bro.. statmen saya jangan jadi sumber ya, off the record  ya, untuk lebih jelasnya coba konfirmasi ke Polres,” ungkap seorang pejabat daerah yang penulis konfirmasi.

Waktu terus berputar, hingga pukul 14.30 Wib siang itu, tidak satu pun narasumber berhasil dimintai informasi secara resmi.

Sekitar pukul 14.45 Wib “Kring… Kring… Kring…” telepon genggam penulis berbunyi saat sedang mencoba merilis semua informasi yang dikumpulkan sembari bersantai di ruang kerja Balai Wartawan Prof.Bagir Manan Kantor PWI Tubaba.

“Dinda, saya baru saja ikut rapat terbatas dengan teman-teman Polres. Ada rencana Ketua DPR RI Puan Maharani akan berkunjung dan melihat destinasi wisata di Tubaba, tetapi prosesi penerimaan beliau dibatasi, mulai dari tamu sampai teman-teman wartawan yang hendak meliput, karena situasi Covid-19 dan juga kehadiran beliau hanya kunjungan pribadi ke pak Umar, jadi mohon dimaklumi. Tolong himbau teman-teman di PWI agar mengerti kondisinya. Jika tidak ada perubahan, Ketua DPR RI akan hadir di Tubaba pada Jum’at 26 Februari 2021,” ungkap Ketua PWI Tubaba Edi Zulkarnaen menyampaikan informasinya kepada penulis.

Perintah itupun penulis tindak lanjuti dengan mengumumkan Himbauan melalui pesan WhatsApp di group PWI Tubaba sekitar pukul 15.00 Wib.

HIMBAUAN PWI TUBABA

Kepada Yth

Seluruh Pengurus dan anggota PWI Tubaba.

Sehubungan dengan agenda kunjungan Puan Maharani (Ketua DPR RI) di Tubaba pada Jum’at 26/2/2021 perlu kami sampaikan bahwa:

1.Agenda tersebut hanya kunjungan biasa/Silaturahmi Puan Maharani kepada Umar Ahmad Bupati Tubaba.

2.Kegiatan tersebut dilakukan Pembatasan mengingat situasi Pandemi Covid-19 dan yang tercatat sebagai tamu undangan wajib mengikuti Rapid test Antigen.

3.Kegiatan kunjungan tersebut sepenuhnya diatur oleh pihak kepolisian, dengan standar pengamanan dan standar prokes.

4.Mohon pengertian teman-teman Keluarga besar PWI Tubaba begitu juga dengan pemberlakuan organisasi pers lainnya, untuk tidak memaksakan diri untuk manghadari kunjungan/Silaturahmi tersebut dengan pembatasan/hanya berwakilan.

5.Kominfo Tubaba juga sedang berusaha untuk ikut masuk dalam kegiatan dalam rangka dokumentasi sehingga foto kegiatan yang dibutuhkan untuk kebutuhan pemberitaan media dapat diberikan.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, terimakasih.

Salam Hormat

EDI ZULKARNAEN

Ketua PWI Tubaba

DEDI PRIYONO, SH

Sekretaris  PWI Tubaba

Usai memberikan himbauan tersebut, penulis menghentikan gerakan jari tangan yang hendak menulis beritanya, bahkan tidak terdengar adanya pemberitaan terkait renca kunjung tersebut, penulispun beranggapan rencana tersebut belum bisa dipastikan terjadwal. Penulis beranggapan rencana itu menggunakan strategi silent untuk menghindari terjadi kerumunan simpatisan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Empat jam kemudian, tiba-tiba sejumlah media mengudara dengan informasi rencana kedatangan tamu istimewa itu, seakan sulit dibedung dan membuat panik sejumlah pihak dengan tingkat kekhawatiran yang tinggi ditengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Dengan analisa dan strategi yang dibangun, membuat panik malam itu. Kepanikan muncul, seakan terbayang Ketua DPR RI membatalkan agenda kunjungan pribadinya. Telepon seluler berdering dari berbagi pihak, lantaran berita rencana Puan Maharani ke Tubaba beredar luas.

Tetapi tidak kurang dari 3 jam pada malam itu, berita teman-teman pers yang mengudara di media online dan bahkan media cetak, memaksakan pembaca harus kehilangan jejak informasi rencana tersebut untuk sementara waktu.

Penulispun menyadari, bahwa seorang publik figur  nasional yang berencana melakukan kunjungan baik kedinasan maupun pribadi, tentu akan berpengaruh besar terhadap situasi yang hendak dikunjungi.

Diundang atau tidak diundang, dapat dipastikan kehadiran tokoh nasional yang memiliki nama panjang Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, cucu bung Soekarno itu, berpengaruh kuat terhadap animo masyarakat untuk hadir dalam jumlah yang besar, dan tentunya akan berimbas pada suasa Pandemi Covid-19.

Penulis akhirnya beranggapan, itulah yang menjadi alasan utama ‘Pembredelan’ berita rencana kunjungan tersebut dengan pertimbangan dan kesadaran kuat dalam menjalankan New Normal.

Setelah kunjungan usai semua media di Tubaba atau bahkan Lampung dengan bebas, dan dengan gaya khas ya masing-masing mengudara sesuai realita.

Pada akhirnya, kabar yang pernah terucap dari dua orang pemuda yang akrab tampak seperti Upin Ipin, benar-benar nyata. Tubaba pun akhirnya dikunjungi oleh Putri Presiden RI ke-5 tanpa kerumunan dan tetap memperketat Protokol Kesehatan.

Penulis : Dedi Priyono

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.