25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Banjarwangi Canangkan Ketahanan Keluarga Berencana

Newslampungterkini.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lampung Utara (Kab. Lampura) menyosialisasikan Ketahanan Keluarga Kelompok, Kamis, 10 Desember 2020, bertempat di ruang PAUD Desa Banjarwangi, Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara.

Dalam kegiatan dimaksud, DPPKB Lampura, melalui Kepala Seksi (Kasi) Data, Mardiansyah, menyampaikan, ketahanan sosial dimulai dari kuatnya pendidikan dan nilai keluhuran budaya dalam keluarga.

“Ketahanan keluarga patut dilaksanakan dengan pendidikan dan perencanaan yang baik disertai dengan pemahaman pendidikan moral,” terang Mardiansyah.

Hal itu, lanjutnya, sebagai wujud membentengi rumah tangga dalam menghalau beragam gempuran dari perkembangan lingkungan dan kebudayaan di masyarakat yang bersifat negatif.

“Anak-anak dalam lingkungan keluarga harus mendapatkan pendidikan moral dan nilai-nilai kebudayaan yang luhur agar mereka terhindar dari pengaruh megatif dalam bersosialisasi di lingkungan yang lebih luas,” paparnya.

Dirinya juga menegaskan persoalan narkotika, obat-obatan terlarang, dan sex education dalam keluarga menjadi satu ranah informatif yang harus diberikan secara baik dan benar serta dengan ekstra hati-hati.

“Penyalagunaan narkoba serta terjadinya pernikahan dini di kalangan remaja disebabkan akses beragam informasi yang tidak tepat dan tidak benar,” tegas Mardiansyah.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Banjarwangi, Mudasir, mengatakan, sosialisasi tersebut diharapkan mampu memberi wawasan serta diaplikasikan oleh warganya.

“Materi Ketahanan Keluarga yang disampaikan melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lampung Utara ini tentunya mengembangkan wawasan yang dapat dilaksanakan oleh masing-masing kepala keluarga,” kata Mudasir.

Perkembangan teknologi mutakhir, tambahnya, memberikan informasi yang dapat dengan mudah dan cepat untuk diakses oleh anak-anak.

Terpantau di lokasi, hadir anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, Dewi Murni; serta sejumlah warga Desa Banjarwangi.

(Emedly)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.