24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Alumni SKPP asal Tubaba ajak Warga Awasi Pilkada Serentak dan taat Protokol Kesehatan

Newslampungterkini.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dimasa pandemi Covid-19 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 menjadi sejarah baru bangsa Indonesia dalam berdemokrasi di tengah wabah yang mengguncang kehidupan manusia di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia hingga ke pelosok daerah.

Dikatakan Zikrulloh pemuda asal Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, yang merupakan Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) gagasan Bawaslu RI, beberapa regulasi telah diatur untuk mensukseskan jalannya Pilkada serentak di beberapa Kabupaten Kota di Provinsi Lampung meski ditengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

“Salah satu regulasinya adalah masyarakat yang datang ke TPS harus menerapkan Protokol Kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19” kata pria kelahiran Gunung Terang, Tubaba 1995 itu kepada media Newslampungterkini.com, Minggu (6/12/2020).

Lanjut Zikrulloh, SKPP merupakan salah satu cara Bawaslu untuk melibatkan peran masyarakat pada setiap pesta demokrasi, dan merupakan tanggung jawab Bawaslu kepada masyarakat yang ingin tahu soal pemilu, demokrasi, dan isu pengawasannya.

“Oleh karena itu, saya sebagi Alumni SKPP asal Kabupaten Tubaba mengajak seluruh masyarakat yang sedang mengikuti Pilkada serentak di Provinsi Lampung agar mengikuti dan mentaati Protokol Kesehatan yang telah ditentukan dan menggunakan hak nya untuk memilih serta berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pilkada di beberapa kabupaten dan kota, agar tercipta nya pilkada yg jujur dan bersih,” jelas Zikrulloh.

Baca Juga :  Kampanye di Wayhalim, Reihana Singgung Soal Beras Bantuan

Menurutnya, jika terdapat dugaan pelanggaran pilkada, masyarakat harus segera melaporkan kepada Bawaslu selaku lembaga yang berwenang mengawasi pemilu atau pilkada.

“Jangan karena tergiur oleh uang, masyarakat mau menjual pilihannya dengan yang memberi uang. Kita tolak politik uang, jadilah pemilih yang cerdas, mari kita bersama-sama masyarakat awasi pemilu, dan bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” pungkasnya.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Pantauan media Newslampungterkini.com, pilkada serentak 9 Desember 2020, terdapat 270 daerah di Indonesia yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2020 dengan rincian 9 Provinsi, 37 Kota, dan 224 kabupaten.

Sedangkan untuk Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung yakni Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesisir Barat, Pesawaran, dan Kabupaten Way Kanan.

Laporan : Dedi Priyono  

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.