26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dinas Pertanian Tubaba Sediakan Sumber Benih Tanaman Karet untuk Peremajaan

Newslampungterkini.com – Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menyediakan kebun Sumber Benih Entres Karet, untuk penyediaan Bibit Tanaman Karet dengan kualitas unggul. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian Syamsul Komar, melalui Kepala Bidang Perkebunan, Catur, saat di jumpai media diruang kerjanya pada Senin (13/7/2020). 

Menurut Catur, Kebun Sumber Benih itu merupakan Program kegiatan tahun 2020, yang dipusatkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gunung Terang, dengan luas lahan sekitar setengah hektare. 

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Pembentukan Kebun tersebut di lakukan secara bertahap, mulai dari persiapan lahan kebun, pemurnian, penilaian , dan pelepasan. Untuk tahun ini, penggunaan anggaran dari APBD masih terfokus pada pembangunan kebun sumber benih yang telah direncanakan,” jelas Catur.

Lanjutnya, pada tahun 2021, proses pelaksanaan program dilanjutkan dengan kegiatan Pemurnian atau memilih benih Karet mana yang tumbuh dengan baik dan sesuai. Kemudian dinilai oleh tim, barulah dilakukan penetapan atau pelepasan melalui SK dari Direktur Jenderal Perkebunan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Nantinya setelah Kebun itu jadi, maka akan dikelola, dikembangkan, dan dibisniskan oleh penangkar yang telah memiliki izin dari Provinsi, lalu Kebun Sumber Benih itu hanya dibatasi 8 tahun sesuai aturan dari Menteri, terhitung sejak mulai dilakukan Pembangunannya, karena jika Entres masih dipakai lebih dari 8 tahun, akan memiliki kulit yang tipis dan kurang berkualitas,” ungkapnya. 

Selain itu, Sasaran atau tujuan pembentukan Kebun Sumber Benih, untuk memenuhi kebutuhan petani Karet yang ingin melakukan peremajaan pada perkebunan karetnya, sehingga pemerintah Kabupaten Tubaba ada persediaan benih Unggul yang memiliki produktivitas yang tinggi untuk dibeli. Sehingga akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Tanaman Karet (Hevea Brasiliensis) merupakan tanaman perkebunan yang penting, baik dalam konteks ekonomi masyarakat maupun sumber penghasil devisa non migas bagi Negara. Apalagi Kabupaten Tubaba banyak petani Karet, sehingga diharapkan program ini akan berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Laporan : Dedi Priyono 

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.