28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Gubernur Lampung Apresiasi Prosesi Adat Lampung Saat Penyambutan

Newslampungterkini.com BANDAR LAMPUNG – Pasangan Gubernur dan Wagub Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim (Nunik) mengapresiasi prosesi adat Lampung saat penyambutan mereka di Mahan Agung (rumah dinas gubernur).

Arinal mengatakan, Lampung memiliki ciri khas. Punya ciri-ciri, sesuatu yang lebih bila dibandingkan masyarakat lain.

“Spesifik adat kita tidak sama. Dari sekian bahasa, tulisan. Insya Allah dengan punya keinginan bersatu. Di masa mendatang saya akan bangkitkan budaya, tokoh adat. Karena harus bersatu bangun Lampung,” kata Arinal di saat memberi sambutan di Mahan Agung, Kamis (13/6//2019).

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Di kesempatan itupun Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini berjanji akan menggelar pertemuan bersama bupati/wali kota se-Lampung untuk membahas percepatan pembangunan di Bumi Rua Jurai. “Minggu depan kita koordinasi dengan baik, wali kota,” ucapnya.

Sebelumnya Arinal-Nunik tiba di Mahan Agung (rumah dinas gubernur) Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 15.08 Wib.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur di Mahan Agung pasca dilantik Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Istana Negara Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Tiba depan di Mahan Agung, Arinal-Nunik yang mengenakan pakaian dinas gubernur dan wagub berwarna nampak kompak sembari mengurai senyum, pada para undangan yang cukup lama menunggu.

Gubernur dan Wakil Gubernur pun disambut Marga Balak Teluk Betung, dengan pembacaan pantun berbalas menggunakan bahasa Lampung serta ‘Seserahan’ dalam penyambutan, serta diperagakan Pencak Silat Khakot yang diperagakan beberapa Hulubalang (pesilat) menggunakan tombak dan pedang.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

Arinal-Nunik yang didampingi istri dan suami memasuki tandu adat Lampung berjalan perlahan memasuki Mahan Agung.

Prosesi ini mengandung arti agar Arinal-Nunik mendapatkan perlindungan Allah SWT. Serta berpijak pada keadilan untuk kesejahteraan masyarakat Lampung. Serta bisa bersinerginya adat Lampung dengan Pemprov Lampung

 

(Bbg/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.