27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bulan Ramadhan, Aktfitas Pasar Ternak Pulung Kencana Tubaba Berjalan Normal

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Suasana pasar ternak di Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah diwilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung beraktifitas normal.

Memasuki hari ke 7 Ramadhan 1440 H, tampak puluhan peternak kambing menjual ternaknya di lokasi pasar Pulung Kencana dangan harga bervariasi, mulai dari 200 ribu hingga 2 juta.

Salah satu pedagang kambing bernama Simin (50) mengatakan bahwa, harga kambing yang dijual di pasar Pulung Kencana saat ini relatif murah, tak sama pada saat menjelang Idul Adha.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Kalau Harga kambing saat Ramadhan begini relatif murah, dan bervariasi, sekarang banyak umur satu bulan hingga tiga bulan sudah dijual dengan harga kisaran 200 ribu hingga 500 ribu, kalau untuk umur satu tahun ke atas bervariasi juga antara 1,3 juta hingga 2 juta tergantung model kambingnya,” kata Simin kepada media Newslampungterkini.com di lokasi pasar ternak, Minggu (12/5/2019).

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Dia menjelaskan, jika menjelang lebaran Idul fitri, masalah harga jika naik tidak begitu tinggi, tetapi harga kambing bisa meroket jika menjelang Idul Adha.

“Pasar ternak ini kita buka setiap hari Kamis dan Minggu. Kalau sekarang harga kambing paling mahal 2 juta, tetapi nanti kalau saat menjelang Idul Adha yang harga 2 juta sekarang bisa tembus 3 juta lebih karena untuk hewan kurban,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Lanjutnya, harga kambing yang normal menurut Simin, tidak lepas dari Hukum Ekonomi, “Kalau bulan Ramadhan begini kan kebutuhan daging kambingkan tidak begitu banyak, paling untuk di pelihara lagi atau untuk pedagang sate. Tapi kalau Idul Adha, permintaan pasti tinggi dan menjadi penyebab melonjaknya harga kambing. Semakin mendekati Idul Adha, harganya akan semakin mahal,” pungkasnya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.