28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemkab Pesisir Barat Ikuti Musrenbangnas 2019 di Jakarta

Newslampungterkini.com JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dan membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 sekaligus meluncurkan Visi Indonesia 2045 di Hotel Shangri-La Jakarta, pada Kamis 9 Mei 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko SKM MM menginformasikan bahwa Murenbangnas ini sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah dan hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Presiden Republik Indonesia didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akan memberikan pengarahan kepada jajaran pimpinan Kementerian-Lembaga dan pemerintah daerah Gubernur, Wali Kota, dan Bupati seluruh Indonesia tentang Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Presiden RI juga akan mendengarkan pemaparan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro tentang pelaksanaan Musrenbangnas 2019, penyusunan Visi Indonesia 2045, dan Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024,” Terangnya.

Selain itu, Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo juga akan menyerahkan penghargaan kepada penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) kategori perencanaan dan pencapaian terbaik baik di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Seperti diketahui, Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU SPPN) mengatur tahapan proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

“Salah satu tahapan terpenting yang menjadi bagian dalam proses tersebut adalah Musrenbangnas, “ Jelas Tedi Zadmiko.

Ditambahkannya, Pasal 20 Ayat (1) UU SPPN mengamanatkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencan aan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menyiapkan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) setiap tahunnya.

Rancangan awal RKP tersebut memuat prioritas pembangunan, rancangan kerangka ekonomi makro dan pendanaan, indikasi program Kementerian/Lembaga (K/L), program lintas K/L dan program lintas wilayah, serta kaidah pelaksanaan.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Setiap K/L menyusun Rencana Kerja Kementerian atau Lembaga mengacu kepada rancangan awal RKP 2020,” Jelasnya.

Penyusunan RKP 2020 yang mengusung tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas” dilakukan dengan penguatan pendekatan penganggaran berbasis program (money follows program) dan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

“Dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKP 2020 dilakukan rangkaian Musrenbangnas Tahun 2019 untuk mewujudkan sinergi antara RKP dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan mendorong pencapaian sasaran prioritas pembangunan Nasional,” Pungkasnya.

 

Laporan : Kartiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.