27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Tari Kipas dari Keratuan Melinting Pukau Ribuan Pengunjung Festival Taman Purbakala

Newslampungterkini.com LAMPUNG TIMUR – Ribuan pengunjung dan pejabat yang hadir pada festival budaya tradisional Taman Purbakala Pugung Raharjo dibuat berdecak kagung dengan penampilan penari cilik asal Melinting. 8 anak  asal melinting memakai kostum adat melengak lenggok dengan sempurna menampilkan tari kipas sebagai tanda penghormatan kepada para tetamu yang hadir. Jum’at (26/04/2019)

Festival budaya tradisional Taman Purbakala Pugung Raharjo sengaja mengambil tema dengan mengangkat budaya lokal dengan tujuan melestarikan adat dan budaya warisan leluhur.

Pada kesempatan itu  Rizal Ismail SE MM. yang bergelar Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV didampingi oleh para tokoh adat menyampaikan rasa syukur dan gembiranya atas perhatian dari pemerintah kabupaten Lampung Timur, dengan adanya festival yang di gelar dapat menumbuhkan semangat menghidupkan kembali kebudayaan dan adat istiadat warisan leluhur di bumi tuah bebepadan.

“Menggali kembali budaya budaya lama yang itu hanya timbul  bertahun tahun lamanya,  contohnya itu zaman orang tua saya tari  ini ditampilkan baru 30 tahun kemudian ditampilkan kembali, dengan adanya festival budaya seperti ini akan lebih sering dan mudah memperkenalkan adat dan budaya milik kita ini,” ujarnya.

Adat dan budaya keratuan melinting yang memimiliki kemiripan  dengan budaya budaya lain mulai dari baju, perayaan adat  juga sama. “Budaya ini membangkitkan kembali menjadi potensi potensi budaya yang terkenal,” kata Sultan Melinting tersebut.

Sejak awal penampilan tari kipas oleh anak anak dari Melinting para pengunjung sudah bersorak sorak kagum, tak urung para pejabat bergantian memberi saweran kepada  para penari, sorak sorai pengunjung pun semakin bertambah meriah.

Wiwik (37) seorang pengunjung yang berasal dari Margatiga Lampung Timur, menyatakan kagum dengan berbagai tarian yang ditampilkan saat pembukaan festival,

“Bagus sekali tari tariannya,  saya juga baru pertama melihat secara langsung tarian ini.  Apalagi tarian dari keratuan melinting sangat bagus untuk dilestarikan agar bisa di tampilkan di panggung panggung Nasional,” ujarnya.

 

Laporan : Edi Arsadad/Adv/Kmf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.