27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Bupati Loekman Djoyosoemarto Bantu Korban Banjir Kecamatan Anak Tuha dan Pubian

Newslampungterkini.com LAMPUNG TENGAH – Hujan yang terjadi sejak Sabtu 16 Februari 2019 membuat banjir tak dapat dihindari. Banjir terjadi karena luapan dari Way Seputih dan Way tayan. Menurut penuturan warga setempat bahwa banjir menggenang puluhan rumah warga sampai setinggi lutut orang dewasa.

Banjir juga menggenangi sawah sawah warga. Bahkan padi yang sebentar lagi akan panen malah justru terendam banjir dan petani terancam gagal panen. Hal inilah yang dikeluhkan warga setempat.

Selain itu luapan air sampai ke Jalan Raya sehingga kendaraan mengalami kesulitan untuk melewatinya. Minggu siang air sudah tampak mulai surut. Namun masih ada beberapa titik yang masih tergenang banjir.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Menindaklanjuti hal tersebut, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto langsung meninjau lokasi yang terkena dampak bencana banjir. Minggu (17/2/2019)

Dua kampung di kecamatan Anak Tuha yang terkena banjir paling parah adalah Negara Bumi Udik dan Negara Aji Tua.

Bupati Loekman Djoyosoemarto langsung ke lokasi banjir dan berjalan kaki melewati jalan yang terendam banjir. Bupati juga berdialog dengan warga setempat terkait bencana banjir yang terjadi.

Sebelum meninjau banjir ditempat yang lain bupati menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat di kecamatan Anak Tuha tahap awal berupa beras, makanan siap saji dan alas tidur.

Bupati berpesan agar warga masyarakat yang terkena bencana banjir dapat ikhlas dan sabar menghadapi bencana yang terjadi. Selain itu beliau juga berharap warga dapat saling bergotong royong dalam menghadapi bencana banjir ini.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Usai meninjau banjir dikecamatan anak tuha Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto beserta rombongan langsung meninjau di kecamatan Pubian yaitu putusnya beberapa jembatan yang menghubungkan wilayah antar kampung dan dusun dikecamatan pubian.

Di kampung payung dadi di dusun 1, dusun 3, dan dusun 6, kemudian di kampung Payung Batu dusun 2 warga setempat membuat jembatan sementara dengan batang kelapa dan batang bambu. Namun jalan masih belum bisa dilalui kendaraan roda 4. Tetapi ada satu jembatan yang parah dan perlu penanganan segera.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Menanggapi adanya musibah banjir yang mengakibatkan putusnya beberapa jembatan dengan didampingi Anggota DPRD kabupaten Lampung Tengah Raden Sugiri dan camat Pubian Zulkarnain menjelaskan, dari beberapa tempat yang terkena musibah banjir di Lampung Tengah hanya kecamatan pubian yang mengalami banjir yang cukup parah yaitu putusnya 4 jembatan.

Menanggapi musibah banjir ini Pemkab Lampung tengah akan segera menormalsisakan akses jalan yaitu ada 2 jenis yang segera di kerjakan yaitu yang di biayai oleh APBD dan yang akan dikerjakan secara gotong royong.

 

Advertorial

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.