26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Jorang Segibew Panaragan Potensi Ekowisata di Tubaba, Bupati: Bukan Hal Mustahil

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Setelah viral di media sosial tentang informasi adanya sebuah tempat yang memiliki konsep ekowisata yang telah berada sejak bertahun-tahun silam di Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, Bupati, Wakil Bupati dan Kepala Bappeda Tubaba tinjau lokasi pada Kamis (23/8/2018)

Ditemani Kepala Tiyuh Panaragan Saibun Muin, Umar Ahmad, Fauzi Hasan dan Novriwan Jaya beserta sejumlah awak media, tampaknya mulai tertarik dengan konsep alam yang berada di belakang pusat pemerintah Kecamatan TBT itu.

Menurut Umar Ahmad, dirinya tertarik untuk mengembangkan tempat yang memiliki karakteristik itu, sebab berpotensi menjadi salahsatu tempat tujuan wisata untuk menikmati keindahan, kesejukan dan ketenangan jiwa yang menyatu dengan alam sekitar.

“Bukan hal Mustahil, setiap potensi wisata di daerah yang ada di Tubaba ini menjadi tujuan wisata. saya punya prinsip bahwa jika tuhan berkehendak, kita mau berusaha, maka akan terwujudlah yang kita harapkan, untuk itu lokasi yang sering disebut warga Panaragan dengan nama Jorang Segibew, jika kita kembangkan maka akan menambah icon wisata di Tubaba,” Kata Umar Ahmad kepada media Newslampungterkini.com.

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Umar berkeyakinan besar, bahwa alam Jorang Segibew bisa menjadi tempat wisata baru, tetapi dirinya berharap perencanaan tersebut harus sangat matang dengan bermusyawarah bersama masyarakat Panaragan, mulai dari sejarah keberadaan tempat itu, nama tempat, hingga kesedian pemilik lahan tersebut untuk di kembangkan.

“Semua lapisan masyarakat harus ikut andil mendukung, termasuk aspirasi pemuda tentang keinginan seperti apa bentuk wisatanya nanti, terutama pemilik kawasannya jika menghendaki, maka akan segera menjadi wisata alam terbuka yang dapat menjadi tujuan berekreasi,” ujarnya.

Penelusuran media Newslampungterkini.com, lokasi Jorang Segibew telah menjadi tempat warga berekreasi dan berfoto-foto dengan lingkungan sekitarnya yang terkenal indah, sejuk dan tenang, pasalnya tanaman yang berada di terowongan jalan setapak itu, terkesan rindang dan nyama akibat prosesnya yang terbentuk secara alami.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Dikatakan pemuda tiyuh Panaragan, Jasuli, SP yang ditemani Rudiyanto SH bahwa sangat mengapresiasi gagasan Bupati dan Wakil Bupati Tubaba, yang telah mengidentifikasi potensi lokasi Jorang Segibew sebagi kawasan wisata baru di Panaragan.

“Senang sekali pak Bupati dan Wakil Bupati Tubaba langsung meninjau lokasi Jorang segibew itu, apalagi jika sampai terwujud menjadi Icon wisata baru di Tubaba, kami dukung sepenuhnya namun tentunya pemilik lahan harus lebih mendukungnya,” terang Jasuli SP.

Menurut Jasuli SP, tempat tersebut berpotensi meningkatkan PAD Tiyuh dan Daerah, bahkan menurutnya pengelolaannya bisa berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) dalam tatakelola daerah tersebut.

“Jika pun BUMT Tiyuh Panaragan diminta turut mengelolanya kita siap, tetapi yang terpenting pemerintahan daerah siap mengembangkan daerah itu, sebab jangan sampai pada pengelolannya akan menimbulkan kerugian terhadap pemilik lahan dan pemerintah, dan juga wisata itu bisa terus menerus di rawat dan dijaga sebagai aset daerah atau tiyuh,” ujar Jasuli.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Sementara itu menurut Rudiyanto SH, hal yang menarik pada kawasan tersebut adalah proses alam yang telah terbentuk secara alami serta suasana lingkungan yang memberikan kenyamanan dan suasana alam yang indah, sehingga untuk menjadi kawasan Ekowisata di Tubaba perlu pengembangan yang lebih baik dari pemerintah daerah.

“Saya membayangkan jika jalan yang berada di samping kantor camat TBT itu di hotmix bagus, lalu ada gerbang ucapan selamat datang, dan masuk ke lokasi wisata, tapi kendaraannya parkir di depan gerbang terowongan Jorang segibew, sebab pengunjung harus berjalan kaki menikmati terowongannya, dan didalam ada tempat-tempat bersantai keluarga, ada pemancingan, dan ada tempat Out bound, kami yakin menjadi tempat berlibur menarik,” Imbuhnya. (Dedi Priyono) 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.