24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

FMIPA Unila Berhasil Pertahankan Sertifikat ISO 9001:2015

Newslampungterkini.com – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 setelah menjalani audit surveillance pada 2 – 3 Oktober 2023.

Audit tersebut dilakukan oleh auditor Rahmat Hasnan, dari PT. Evodia Global Sertifikasi (EGS), dan bertujuan untuk mengevaluasi kualitas mutu manajemen serta implementasi konsep ISO 9001:2015 di FMIPA Unila dengan empat kriteria yang ditetapkan.

Empat kriteria yang dievaluasi dalam audit yakni pertama, kesesuaian dengan persyaratan standar atau bagian-bagiannya. Kedua, pemenuhan terhadap peraturan, regulasi, dan kontrak yang berlaku. Ketiga, efektivitas dan pencapaian tujuan organisasi secara wajar, dan keempat, identifikasi area-area potensial untuk peningkatan.

Baca Juga :  Rektor Unila Terima Audiensi Perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran

Dalam proses audit, seluruh pengelola fakultas termasuk wakil manajemen (dekan dan para wakil dekan) dan supporting system di bawah koordinasi kepala bagian tata usaha meliputi subbagian akademik, umum dan keuangan, perencanaan dan kepegawaian, serta kemahasiswaan dan alumni, dengan teliti menjelaskan data yang diminta auditor dan proses kerja yang dilakukan di FMIPA Unila.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Hasil audit menunjukkan, FMIPA Unila masih memenuhi standar yang diperlukan untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 (EGS, ISO 9001 Certified KAN-LSSM-067-IDN).

Hal ini menjadi kabar baik bagi tim FMIPA Unila, dan dekan FMIPA Dr. Eng. Heri Satria, M.Si., dalam sambutannya menyatakan, FMIPA harus terus melakukan perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dalam melaksanakan aktivitasnya.

Baca Juga :  DWP Universitas Jambi Studi Tiru ke DWP Unila

“Tidak ada sesuatu hal yang sempurna karena kebutuhan administrasi kita akan berkembang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi,” ujarnya.

ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) serta pencapaiannya yang dapat diterapkan dalam setiap jenis organisasi atau perusahaan berdasarkan persyaratan sepuluh klausul.

Dengan pemeliharaan sertifikat ini, FMIPA Unila tetap menunjukkan komitmen mereka terhadap kualitas dan pelayanan yang unggul.

(sn/hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.