25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Sekda Novriwan Jaya Buka Tubaba Art Festival 2022

Newslampungterkini.com – Tubaba Art Festival (TAF) edisi ke 6 tahun 2022 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, dibuka oleh Sekretaris Daerah, Novriwan Jaya.

Pembukaan Festival tersebut dilaksanakan di Taman Budaya Uluan Nughik, pada Jumat (4/11/2022) sekitar pukul 08.15 Wib.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Tubaba, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, para Camat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Seni Tubaba Semi Ikra Anggara, mengatakan. Bahwa Festival yang diselenggarakan oleh Sekolah Seni Tubaba ini digelar selama 3 hari sampai dengan Minggu atau sejak tanggal 4-6 November 2022, dengan mengusung tema Self And Space yaitu tentang diri dan ruang, dimana Festival ini meneguhkan tentang dua hal yaitu persoalan diri dan ruang, hubungan antara seseorang dan hunian yang saling membentuk dan dibentuk.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Pada Festival kali ini, kita akan melihat berbagai karya-karya seni yang diproduksi oleh para Seniman-seniman Tubaba, yang mana para Seniman-seniman tersebut banyak dari kalangan anak-anak Tubaba yang masih berusia 6-15 tahun,” kata Semi.

Menurutnya, pelaksanaan program TAF yang diselenggarakan oleh Sekolah Seni Tubaba ini, juga didukung oleh beberapa Dinas di Tubaba, diantaranya adalah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Saya berharap kita semua dapat mengikuti kegiatan TAF ini sampai hari terakhir, karena akan banyak pertunjukan, pameran / pemutaran film, dan lokakarya yang akan disajikan di berbagai venue, yaitu, di Kota Budaya Uluan Nughik, Tiyuh – tiyuh, Studio Tanoh Nughik , Bioskop Bekas Sinar Jaya , Sessat Agung Bumi Gayo Ragem Sai Mangi Wawai, dan Pasar Pulung Kencana,” jelasnya.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Sementara itu, Pj.Bupati Tubaba, Zaidirina yang diwakili Sekretaris Daerah, Novriwan Jaya, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para budayawan, seniman, para pelaku dan pelestari seni, serta berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya TAF edisi ke 6.

“Tubaba Art Festival merupakan bagian penting dari kerja-kerja pembangunan sebuah kota yang bukan hanya membangun ruang semata, namun juga membangun manusia, membangun kebudayaan dan peradaban sebuah kota,” terangnya.

Sedari awal, lanjut dia, Kabupaten Tubaba telah dibangun melalui jalan kebudayaan, berbagai pembangunan fisik maupun mental senantiasa mempertimbangkan aspek budaya.

Tubaba Art Festival turut membentuk keidentitasan dari Tubaba, karena selain dari pembentukan karakter melalui kesenian, Tubaba Art Festival juga mempunyai kemungkinan lain untuk menjadi salah satu jenis wisata budaya yang memperkenalkan dan menampilkan beragam kesenian dan kebudayaan yang ada.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Lebih jauh diterangkannya, Kabupaten Tubaba mempunyai kekayaan akan keberagaman budaya dan seni, sehingga dapat menjadi salah satu potensi yang sangat bermanfaat apabila bisa dimaksimalkan.

Selain menjadi identitas dan ciri khas, keberagaman itu sendiri bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Melalui bermacam bentuk budaya dan seni pertunjukan pada pagelaran Tubaba Art Festival Tahun ini, masyarakat akan mengetahui dan mengenal budaya yang khas dan memahami sejarah dan filosofi dari setiap ritual seni yang dipertunjukan serta dapat memperkaya pengetahuan masyarakat tentang seni budaya daerah untuk dikembangkan lalu dipromosikan, sehingga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya perkembangan ekonomi kreatif yang mampu mendorong berbagai kreativitas anak muda,” imbuhnya.

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.