25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Warga Bandar Lampung Dihimbau Waspada DBD

Newslampungterkini.com – Warga masyarakat Bandar Lampung dihimbau untuk tidak lengah terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Terlebih, memasuki musim hujan, banyak genangan air yang dapat meningkatkan populasi nyamuk Aedes Aegypti.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri SP MT. Rabu (12/10/2022)

Menurutnya, saat musim hujan, masyarakat lebih mengandalkan fogging atau pengasapan daripada pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Padahal, akan lebih efektif jika melakukan PSN untuk memberantas nyamuk penyebab demam berdarah.

“Saya menghimbau adanya kerja sama dengan pihak terkait, terutama jika ada peningkatan permintaan fogging di masyarakat, tetap disosialisasikan PSN yang utama, bukan foggingnya,” ujar Desti.

Sebab, lanjutnya, permohonan fogging biasanya agak meningkat memasuki musim hujan. Namun, permintaan fogging tersebut tidak semua bisa dipenuhi, karena harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti harus dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terlebih dahulu dan didukung laporan dari rumah sakit.

Untuk itu, masyarakat tetap dihimbau untuk melakukan upaya pencegahan melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk.

Desti  berharap agar masyarakat tetap waspada dan bisa melakukan PSN dengan 3M plus. Yakni, menguras tempat yang sering menjadi penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air.

“Disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah,” jelasnya.

Plusnya, atau kegiatan pendukung lainnya, lanjutnya, adalah dengan bergotong royong untuk membersihkan lingkungan atau memelihara ikan pemakan jentik-jentik nyamuk.

(sen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.