24 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Kadinkes Reihana: Pemerataan Pelayanan Kesehatan Ke Lansia Harus Optimal

Newslampungterkini.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr.Hj.Reihana, M.Kes. memberi arahan dan sambutan pada kegiatan Pelatihan Kesehatan Lansia dan Geriatri Untuk Petugas Puskesmas Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021. Senin (13/09/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 6 hari, yaitu mulai tanggal 13 hingga 18 September 2021 di Swiss-Belhotel Lampung.

Pada kesempatan tersebut, Kadinkes Provinsi menyampaikan, Lansia merupakan salah satu sasaran dalam pemerataan pelayanan kesehatan yang optimal karena Lansia sebagai salah satu kelompok yang paling rentan dengan resiko kematian yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Pemerataan pelayanan kesehatan kepada Lansia harus optimal, karena Lansia sebagai salah satu kelompok yang paling rentan dengan resiko tinggi,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut Reihana, berhubungan dengan menurunnya sistem imunitas tubuh dan adanya penyakit penyerta atau komorbid yang umumnya di alami oleh sebagian besar Lansia, atau adanya penyakit kronis degeneratif.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Diperlukan dukungan semua program dan lintas sektor terhadap kesehatan lansia agar lansia dapat hidup sehat dan tetap produktif, serta memiliki kualitas hidup yang optimal,” ungkap Reihana.

Reihana menegaskan, bahwa pelayanan kesehatan kepada Lansia dilakukan mulai dari tingkat keluarga, tingkat masyarakat melalui Posyandu lansia/Posbindu, dan pelayanan di sarana pelayanan kesehatan dasar dengan mengembangkan Puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lansia serta rujukannya di rumah sakit.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Ditambahkannya, agar petugas di Puskesmas ini dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, maka harus mempunyai pengetahuan baik secara teori maupun praktik di lapangan.

“Peningkatan kapasitas petugas di Puskesmas ini dapat dilakukan melalui pelatihan pelayanan kesehatan lanjut usia dan geriatri,” terangnya.

(sen)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.