25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Mendung di Tubaba Sesejuk Gerbang Selatan Bumi

Newslampungterkini.com – Kicau burung dan ayam berkokok seakan ikut membangkitkan semangat hidup disuasa pagi hari yang terlihat mendung dan terasa sejuk.

Udara segar yang terhembus seakan berada ditepi pantai, terlihat pepohonan menari-nari dan daun-daun seperti melambai-lambai, seakan menampakan kegembiraan suasana alam.

Matahari pagi bersinar dengan cahaya yang samar, seakan tidak tega melepaskan panasnya disaat suasana alam yang tampak begitu ceria dan damai.

Terkadang terdengar percikan air yang dilewati oleh perahu nelayan, warga pencari ikan disekeliling taman bebatuan itu, menambah suasana  keramahan alam lingkungan, karena dikelilingi rawa yang tampak seperti lautan ketika air sedang banjir.

Begitulah suasana taman Megalitik Las Sengok yang dinobatkan sebagai Gerbang Selatan Bumi oleh Bupati Umar Ahmad yang berada di Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung.

Sebuah lokasi dengan konsep taman megalitik yang pernah menghadirkan seniman dan budayawan dari delapan negara pada awal tahun 2020.

Bebatuan besar dilokasi itu tersusun membentuk rasi bintang Oreon yang bermakna bahwa bintang itu terlihat terang dari seluruh penjuru dunia.

Taman itu menyerupai Stonehenge di negara Inggris yang disebut sebagai Gerbang Utara, namun di Tubaba sebuah mahakarya yang mencatat sejarah peradaban baru untuk cerita 1000 tahun kedepan, bahwa Tubaba memiliki Gerbang Selatan.

Berjarak 8 Km dari Tugu Rato Nagou Bersanding (Tugu Naga), melewati perkampungan dan perkebunan dengan jalan yang lebar dan mulus, sedikit melewati jalan berlubang, menambah suasana kedamaian alam.

Tempat itu  menjadi titik peristirahatan para Goeser yang bersepeda dan para Crosser yang bertualang, menjadi tempat bersantai dan menenangkan hati dan pikiran.

Tempat itu menjadi magnet warga yang ingin menikmati keindahannya, bahkan Ketua PWI Pusat Atal S.Depari, didampingi Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alpian, pernah sengaja datang untuk melihat dan merasakan keindahan Gerbang Selatan Bumi.

Suasana mendung di Tubaba, merasakan dan mengingatkan suasana tempat yang paling nyaman yang pernah dikunjungi, suasana mendung di Tubaba pancaran sejuk kedamaian alam di Gerbang Selatan Bumi di Tubaba.

Penulis : Dedi Priyono/Adv

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.