25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Berikut Cara Memandikan Kucing yang Baik

Newslampungterkini.com – Kucing merupakan binatang yang tidak menyukai air, walaupun ada beberapa yang tidak keberatan ketika badannya basah.

Kebanyakan jenis kucing lebih memilih untuk mandi dengan cara menggulingkan badan di pasir atau menjilat area kotor sampai bersih. Namun, cara-cara ini tentu saja tidak akan membersihkan badan kucing secara menyeluruh.

Memandikan kucing tidak boleh terlalu rutin. Jika terlalu sering, kamu akan merusak bulu kucing dan menimbulkan iritasi pada kulitnya. Maka dari itu, sekalinya dimandikan, kucing harus bersih total.

Dengan begitu tidak harus terlalu sering membersihkan hewan kesayanganmu, dan mereka pun akan terhindar dari stres.

Berikut cara memandikan kucing dengan baik dan benar

Memilih Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat untuk memandikan kucing adalah ketika mood-nya sedang senang. Sebelum mandi, pastikan kucingmu dimanjakan terlebih dahulu.

Jangan biarkan perut kucing kosong karena mereka akan cepat rewel. Mandikan kucing di pagi hari, atau ketika cuaca masih terasa hangat agar mereka tidak kedinginan setelahnya.

Memilih Sampho Kucing Tepat

Setiap kucing memiliki jenis dan volume bulu yang berbeda.. Itulah mengapa kita harus tahu jenis sampo apa yang cocok untuk si kucing. Kucing yang memiliki bulu tebal seperti Persia atau Siberia membutuhkan sampo yang lebih lembut.

Apabila tersedia, berikan beberapa tetes vitamin bulu pada sampo untuk mengurangi jumlah bulu rontok.

Sementara itu, kucing berambut pendek biasanya bisa dimandikan dengan semua jenis sampo kucing. Bisa juga memilih shampo kucing anti kutu jika kucing di sedang kutuan.

Menggunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing berikutnya adalah memandikannya dengan air hangat.

Siapkan satu ember besar yang sudah diisi dengan air hangat, dan pastikan tinggi airnya tidak merendam seluruh badan kucing. Fungsi air hangat adalah untuk menjaga mood kucing agar tetap nyaman dan tidak panik.

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.