25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Nurhasanah Sosialisasi Perda Rembug Desa di Pesawaran

Newslampungterkini.com – Anggota DPRD Provinsi Lampung, Nurhasanah Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) nomor 1 tahun 2016, tentang pedoman rembug desa dan kelurahan dalam pencegahan konflik di Provinsi Lampung di Desa Kota Agung, Tegineneng, Pesawaran. Sabtu (8/8/2020).

“Bertemu konstituen, sudah kewajiban saya selaku wakil mereka di Legislatif. Terlebih, pertemuan di lakukan guna memberikan sebuah pembelajaran yang bermakna bagi mereke, khususnya dalam pencegahan konflik antar masyarakat,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Sekjen KPPI ini menuturkan bahwa, Perda tentang pedoman rembug desa merupakan pedoman dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat. Perda tersebut telah diakomodir dalam peraturan daerah Provinsi Lampung nomor 1 tahun 2016.

“Ini sangatlah penting, guna mencegah terjadinya potensi konflik di masyarakat, baik konflik agama, adat maupun konflik yang lainnya. Karena, tidak bsa dipungkiri Lampung sangat rentan akan terjadinya konflik,” tegasnya.

Sebab beberapa konflik yang terjadi sebelumnya diketahui berawal dari masalah kecil. Namun, karena hal itu dibiarkan maka konflik tersebut menjadi besar dan meluas. Kehadiran orang ketiga atau provokasi menjadi pemicu konflik semakin membesar.

“Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat yang cerdas harus pandai dan jeli, untuk menyaring suatu informasi yang benar,” ujarnya.

Didalam Perda Nomor 1 tahun 2016, mengatur seluruh tehnis dan cara penyelesaian sebuah problem yang terjadi.

“Dengan adanya Perda ini diharapkan seluruh aspirasi dan keinginan dari lapisan masyarakat dapat tersalurkan, komunikasi yang baik juga sangat penting agar konflik tidak terjadi dimasyarakat,” tegas anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung itu.

Selain itu, dirnya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk patuh dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, sesuai anjuran pemerintah.

“Saya minta, meski aktivitas terus berjalan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Minimal gunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan sebagainya,” pungkasnya. (*)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.