27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Camat Tulang Bawang Udik Lantik 73 BPT, Pesannya: Bekerja Harmonis Hindari Konflik dan Intrik

Newslampungterkini.com, Tulang Bawang Barat – Camat Tulang Bawang Udik (TBU) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, melantik 73 orang Badan Permusyawaratan Tiyuh/Kampung (BPT) se Kecamatan TBU, di dua lokasi berbeda sejak Senin 30 hingga 31 Desember 2019.

Dikatakan Tausin, Camat TBU, bahwa Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji BPT untuk Periode 2019 – 2025 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor : B/285/1.01/HK/TUBABA/2019.

“Pelantikan dilakukan di dua lokasi, kemarin tanggal 30 Desember 2019 pelantikan BPT dilakukan di Balai Tiyuh Karta, terdiri dari BPT Tiyuh Karta 9 Orang, Tiyuh Kartasari 9 Orang, Tiyuh Gunung Katun Tanjungan 7 orang, Tiyu Gedung Ratu 7 orang dan Tiyuh Gunung Katun Malay 5 orang, sehingga semuanya berjumlah 37 orang,” kata Tausin kepada media Newslampungterkini.com, Selasa (31/12/2019).

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Pada pelantikan ke dua lanjut Tausin, dilaksanakan pada Selasa (31/12 /2019) di balai Tiyu Marga Kencana, yang terdiri dari BPT Tiyuh Marga Kencana 9 Orang, Tiyuh Kartaraharja 9 Orang, Tiyuh Way Sido 9 Orang, dan Tiyuh Kagungan Ratu 9 Orang, sehingga berjumlah 36 orang.

“Pelantikan tersebut saya ditugaskan Bupati sesuai Surat Keputusan, dan saya percaya anggota BPT yang baru dilantik itu dapat menjalankan amanah, mengemban tugas dengan sebaik baiknya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Dijelaskan Tausin, total BPT seluruhnya sebanyak 73 orang, dengan harapan kepada BPT sebagai mitra kepalo tiyuh dapat sejalan dalam merencanakan, merumuskan, perencanaan pembangunan yang ada di tiyuh masing-masing, sesuai aspirasi dari masyarakat

Lanjutnya, Selain sebagai penyampai aspirasi masyarakat, BPT juga dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan berbagai peraturan, kebijakan yang telah disepakati dalam pelaksanaan pemerintahan Tiyuh.

“Berkaitan dengan pengawasan pembangunan, pengawasan kinerja kepala tiyuh, tentunya hal tersebut menjadi tugas pokok dan fungsi sebagai anggota BPT, saya juga menghimbau kepada BPT agar bekerja secara harmonis, hindari konflik internal, intrik-intrik yang kesemuanya akan mengganggu dan menghambat proses pembangunan yang ada di Tiyuhnya masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Menurut dalam setiap proses pelantikan, juga melibatkan Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba, guna memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi BPT.

“Pada setiap kegiatan itu kami melihat Kabag Hukum dibawah Pimpinan Sofyan Nur,SH,MH selaku Tim pengisian bimbingan teknis Tupoksi BPT sehingga pada pelaksanaan tugasnya tahun 2020 mendatang sudah memahami tentang tugasnya masing-masing,” imbuhnya.

Laporan : Dedi Priyono

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.