27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Forum Satu Data Wujud Sinergi Pemprov Lampung dan BPS

Newslampungterkini.com, Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung  melalui  Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung  akan  membentuk forum satu data.

Forum ini merupakan kerja sama BPS dan Kominfotik dalam menyajikan data secara metadata, supaya dapat dijadikan acuan bagi perencanaan, monitoring dan evaluasi untuk merumuskan kebijakan dengan tepat sasaran.

“Kita ingin menyelenggarakan Pemerintahan efektif dan efisien. Bagaimana mau efisien dan efektif, jika basis data kita belum maksimal. Untuk itu, kita harus mampu menyediakan dan menghasilkan data yang akurat, relevan, dan jelas. Sehingga mampu menghasilkan kebijakan baik yang mampu mendukung Provinsi Lampung Berjaya.”

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Lampung  Chusnunia Chalim saat menerima Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum S beserta jajarannya di ruang kerja Wagub Kamis, ( 31/10/2019).

Disampaikannya juga, Pemerintah Provinsi pada prinsipnya siap bersinergi dengan BPS untuk mewujudkan Lampung dengan satu data.

Dalam kesempatan tersebut Yeane juga menjelaskan, BPS bertanggungjawab terhadap data statistik dasar yang sifatnya lintas sektor dan bersifat makro yaitu untuk kepentingan banyak pihak.

Sedangkan OPD Lingkup Pemprov Lampung bertanggungjawab terhadap data yang dibutuhkan untuk kepentingan instansi masing-masing (data sektoral).

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Kerja sama BPS dan Kominfo dalam  menyajikan data secara metadata, supaya dapat dijadikan acuan bagi perencanaan, monitoring dan evaluasi serta dapat membuat kebijakan dengan tepat sasaran,” kata Yeane.

Sehingga nantinya,  lanjut dia, data yang dikelola Dinas Kominfotik, mengacu pada Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) sesuai nomenkelatur tentang penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral.

Selain itu Yeane mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Lampung selama ini. Lebih dari itu Yeane juga mengharapkan kedatangan Gubernur atau Wakil Gubernur pada pembukaan Forum satu data Provinsi Lampung yang akan diadakan pada tangal 12 November 2019 mendatang.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Dalam gelaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 11, 12, dan 13 November tersebut BPS akan melibatkan seluruh Dinas KOMINFO dari 15 Kabupaten / Kota se Provinsi Lampung,” lanjut Yeanne.

Pada akhir pertemuan tersebut Wakil Gubernur bersama Kepala BPS beserta jajarannya mengajak kaum milenial untuk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk yang akan di laksanakan secara online pada bulan Februari – Maret 2020 melalui media sosial.

(Bbg/Hmsprov)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.