28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Patroli Gabungan Pencegahan Karhutla Padamkan Titik Api di Menggala

Newslampungterkini.com, Tulang Bawang – Tim patroli gabungan pencegahan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) Polres Tulangbawang berhasil memadamkan titik api, hari Senin (30/09/2019) sekitar pukul 13.50 WIB.

Kabag Ops Kompol Edy Syafnur turun langsung memimpin pemadaman yang berjalan cukup lama tersebut.

Titik api yang berhasil dipadamkan tersebut berada di pinggir Jalintim (jalan lintas timur), Lingkungan Kibang, Kelurahan Menggala Tengah, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Luas lahan yang terbakar adalah sekira dua hektar, yang mana lahan tersebut merupakan areal rawa dan semak belukar,” ujar Kabag Ops Kompol Edy Syafnur mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi SIK, MH.

Karena medan yang sulit dan tidak bisa dilalui oleh mobil pemadam kebakaran (Damkar), petugas gabungan yang terdiri dari personel Kodim 0426, Polres, dan Damkar bersusah payah memadamkan titik api tersebut dengan menggunakan alat seadanya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Setelah berjuang selama sekitar satu jam lebih, akhirnya titik api berhasil dipadamkan, sedangkan untuk pemilik lahan saat ini masih belum diketahui dan sumber api juga masih dalam proses penyelidikan.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat untuk tidak membuka lahan baru dengan cara dibakar atau dengan sengaja membakar lahan karena bisa dikenakan sanksi pidana berupa hukuman penjara,” tegasnya.

 (Bbg/Ptb)

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.